Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Mengapa Lebih Baik Mengecat Plafon dengan Warna Terang

Kompas.com - 03/05/2022, 12:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat yang tepat untuk ruangan di rumah bisa menjadi sebuah tantangan yang sulit. Bahkan, itu berlaku untuk cat putih yang hadir dalam berbagai pilihan. 

Salah satu alasan mengapa warna putih masih banyak digunakan adalah karena memiliki nuansa lembut dengan nada hangat dan secara alami dapat memantulkan cahaya di ruangan yang kecil.

Apa pun warna yang Anda pilih, pastikan untuk menguji cat putih di ruang yang akan digunakan untuk melihat bagaimana ia bereaksi terhadap cahaya dan bentuk ruangan.

Baca juga: 6 Warna Cat Vintage yang Diprediksi Kembali Populer Saat Ini

Ilustrasi mengecat langit-langit ruangan. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi mengecat langit-langit ruangan.

Dilansir dari Southern Living, Selasa (3/5/2022), meskipun putih adalah solusi cat ruangan sempit yang paling jelas, warna netral yang lebih terang seperti lavender pucat atau warna yang lebih dingin, dapat memberikan sedikit warna sambil tetap membuat ruangan terasa lapang.

Selain itu, untuk memberikan kesan yang lebih lapang pada ruangan, Anda bisa mengecat plafon menggunakan warna yang serupa dengan dinding atau warna terang.

Mengapa demikian? Berikut penjelasannya. 

Memberikan ilusi lapang pada ruangan

Tren lain yang harus dihindari agar tidak memberikan kesan gelap dan sesak pada ruangan adalah mengecat langit-langit dengan warna gelap. 

Baca juga: Kenali, Ini Tanda Cat Lateks Sudah Kedaluwarsa

Adapun plafon coklat dengan dinding terakota mungkin terlihat bagus di ruang yang lebih besar, itu bisa membuat yang kecil terasa sesak. Sebagai gantinya, gunakan palet warna terang ke langit-langit rumah

Mengecat langit-langit dengan warna yang sama dengan dinding dapat membantu menciptakan ilusi bahwa ruangan lebih besar dari sebenarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com