Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Perlu Menggunakan Cat Primer Sebelum Mengecat Dinding

Kompas.com - 27/04/2022, 19:19 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam manfaat mengecat dinding rumah, dari mempercantik tampilan rumah, menutupi noda membandel yang sulit dihilangkan, hingga membuat rumah tampak bersih serta terawat. 

Ketika hendak mengecat rumah, Anda perlu menyiapkan dan membersihkan dinding terlebih dulu agar cat mudah menempel dan tidak cepat terkelupas.

Baca juga: 5 Fungsi Cat Dasar atau Primer yang Perlu Diketahui

Untuk itu, perlu menggunakan cat dasar, yang juga dikenal cat primer, sebelum mengecat dinding.

Dikutip dari Brush Works, Rabu (27/4/2022), cat primer perlu diterapkan pada dinding sebelum mengecatnya, khususnya jika dinding belum pernah dicat sebelumnya.

Namun, mengapa perlu menggunakan cat primer? Apa fungsi cat primer? Berikut penjelasan lengkap tentang cat primer. 

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding Terbaik untuk Ruang Kerja Menurut Feng Shui

Fungsi cat primer

Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.Unsplash/Theme Photos Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.

Cat primer adalah cat dasar yang  membuat dinding menampilkan hasil akhir sempurna. Cat primer memberikan dasar yang kuat sehingga lapisan atas, yakni cat utama, akan menempel dengan baik.

Selain itu, manfaat lain cat primer adalah membuat cat lebih tahan lama, perlindungan yang lebih baik, dan daya rekat lebih kuat.

Permukaan kayu baru, plester, drywall, bata, logam, dan cat lama yang telah digosok akan sangat diuntungkan oleh cat dasar. Cat primer juga banyak digunakan saat mengecat permukaan berpori seperti kayu dan beton.

Baca juga: Cegah Kering, Begini Cara Tepat Menyimpan Kuas Cat

Keunggulan lain cat primer

Cat primer menyajikan permukaan yang lengket sehingga memastikan lapisan atas terikat dengan baik dengan menutupi semua permukaan dinding. 

Jadi, kamu tidak perlu menambahkan lapisan cat untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan pada hasil akhir permukaan dinding yang baru dicat.

Lebih lanjut, cat primer dapat membantu mengecat permukaan yang tidak bersih karena memberikan dasar untuk cat baru.

Cat dasar ini dapat menempel pada dinding dalam waktu 24 jam setelah diaplikasikan. Kebanyakan cat primer dapat bertahan hingga dua pekan. Kamu dapat mengecat dinding dalam jangka waktu tersebut.

Baca juga: Ingin Mengecat Ruangan? Ini Langkah dan Hal-hal yang Harus Disiapkan

Kapan cat primer perlu digunakan?

Cat primer dibutuhkan ketika ingin mengecat permukaan berpori, drywall yang dilapisi skim, atau mengubah warna dinding dari gelap ke terang.

Bisa pula digunakan jika permukaan sebelumnya terlalu mengkilap, atau permukaan dinding sangat bernoda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Cat Dinding yang Mengganggu

Namun, kamu tidak perlu menggunakan cat primer hanya untuk mengecat dinding menggunakan warna yang mirip dengan cat sebelumnya atau menggunakan cat dinding yang memiliki primer.

Akan tetapi, jika ingin mengetahui lebih pasti seputar penggunaan cat primer, kamu bisa konsultasi dengan tukang atau jasa pengecatan profesional untuk mempelajari lebih lanjut tentang permukaan dindingmu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com