Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mengecat Ruangan? Ini Langkah dan Hal-hal yang Harus Disiapkan

Kompas.com - 17/04/2022, 10:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyegarkan ruangan menggunakan lampu baru, bahkan beberapa furnitur beraksen dapat mengubahnya secara keseluruhan. 

Namun, jika ingin memperbarui rumah tanpa membeli item dekorasi baru, pertimbangkan  mengaplikasikan lapisan cat baru. Sedikit warna, baik netral maupun lebih berani, dapat mengubah seluruh ruang. 

Ada beberapa langkah dan hal-hal yang harus dilakukan saat mengecat ruangan agar memberikan hasil akhir maksimal menurut para ahli dikutip dari Martha Stewart, Minggu (17/4/2022). 

Baca juga: 7 Keuntungan Mengecat Ruangan Rumah dengan Warna Terang

Kumpulkan alat yang tepat

Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat. Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat, ilustrasi warna cat.
Brian Levy, Manajer Toko di Lowe's, sebuah e-commerce yang menjual perlengkapan rumah tangga, mengatakan kunci mengecat seluruh ruangan dimulai dengan alat yang tepat.

"Anda dapat menyelesaikan sebagian besar pekerjaan cat dengan kuas rol untuk cakupan dan kuas 2,5 sentimeter yang lebih kecil untuk mengecat trim dan sekitar sudut," tambah Levy.

Selain itu, pastikan memiliki bingkai roller dan penutup yang cocok dengan hasil akhir serta jenis cat yang diinginkan. Siapakan juga pisau dempul plastik, selotip cat, baki cat atau ember, dan tangga. 

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding Terbaik untuk Ruang Kerja Menurut Feng Shui

Levy menjelaskan, alat ini akan membantu membuat garis yang bersih, tetap teratur, atau mencapai plafon. Sementara cat primer tidak selalu diperlukan.

Untuk sangat membantu gunakan satu atau produk cat sekaligus primer  jika memiliki dinding kering kosong, area bernoda atau diperbaiki, kayu kosong, hasil akhir mengkilap, atau berencana membuat perubahan warna yang lebih drastis. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Noda Cat yang Menempel pada Jendela Kayu Vinyl 

Siapkan ruang 

Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.Unsplash/Theme Photos Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.
Sama dengan proyek rumah lainnya, Anda harus mengatur tempat sebelum mulai bekerja.

"Mulailah dengan memindahkan semua barang; furnitur besar dapat dipindahkan ke tengah ruangan dan ditutup," kata Matt Kunz, Presiden Five Star Painting, sebuah perusahaan Neighbourly .

Kunz merekomendasikan meletakkan plastik di atas furnitur dan kain kanvas di lantai. Gunakan plastik lembut dan harus melindungi barang-barang dari goresan, sementara kanvas bekerja di hampir semua jenis lantai, aman untuk diinjak, dan menyerap tumpahan. 

Baca juga: 12 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati Menurut Para Ahli

Selain itu, letakkan kain lap dengan hati-hati di tanah untuk menghindari kecelakaan cat tertumpah saat proses pengecatan.

Bersihkan juga alas tiang dari debu, bahkan jika Anda tidak berencana mengecatnya. "Lepaskan gorden dan batang gorden dan letakkan dengan hati-hati di ruangan lain jika kusen akan dicat," kata Kunz.

Tergantung pada ruangan tempat Anda bekerja, simpan juga peralatan atau dekorasi gantung (pikirkan bingkai foto). Terakhir, lepaskan sakelar lampu dan penutup stopkontak dan tempelkan selotip di atas area tersebut untuk menghindari noda cat. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Cat untuk Garasi agar Lebih Menarik dan Estetik 

Bekerja dari atas ke bawah

Levy merekomendasikan untuk bekerja dari atas ke bawah. Untuk itu, penting memiliki tangga yang berguna sejak awal pengerjaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com