Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati Menurut Para Ahli

Kompas.com - 10/04/2022, 12:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna memainkan peran penting bagaimana cara seseorang berhubungan dengan ruangan.

Begitu pun, Warna cat tidak hanya mempercantik tampilan ruangan, tetapi juga mempengaruhi suasana dan emosi.

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Cat untuk Garasi agar Lebih Menarik dan Estetik

"Bukan rahasia lagi bahwa warna mempengaruhi suasana hati. Itulah sebabnya begitu banyak penelitian dilakukan untuk memilih skema warna," kata para desainer di perusahaan desain Studio Gild yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat, dilansir dari Real Simple, Minggu (10/4/2022).

Meski tidak ada aturan universal untuk memilih warna cat, semua orang ingin mengisi rumah mereka dengan warna yang membuatnya merasa bahagia.

Untuk membantu mempersempit pilihan, beberapa desainer profesional merekomendasikan  warna cat yang dapat meningkatkan suasana hati seperti berikut ini. 

Baca juga: 3 Warna Cat yang Tak Pernah Ketinggalan Zaman 

Putih

Ilustrasi ruang keluarga; meja kopiUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga; meja kopi
"Warna putih hampir seperti memiliki sumber cahaya internal yang memancar," kata Alyssa Kapito dari Alyssa Kapito Design. 

Selain itu, rona putih pucat sangat serbaguna dan dapat dipadukan dengan semua jenis gaya dekorasi, dari modern hingga lebih tradisional. 

Abu-abu awan

Abu-abu awan adalah warna paling lembut dan bekerja dengan baik di berbagai ruangan.  Pertimbangkan warna ini untuk kamar tidur atau kamar mandi guna memberikan ketenangan. 

Baca juga: 10 Pilihan Warna Cat Dinding Kamar Tidur yang Menenangkan

Biru abu-abu

Perusahaan desain lainnya, Studio Gild, menggunakan warna biru yang lembut dengan campuran abu-abu untuk membuat ruangan terasa lebih bahagia.

"Biru menciptakan perasaan stabilitas, menimbulkan rasa keteraturan dan ketenangan, dan warna ini secara dramatis menenangkan setiap ruang yang digunakan. 

Pink rose

"Warna merah muda yang hangat dapat membangkitkan rasa optimisme dan memiliki perasaan gembira dan bahagia," kata Nicole Gibbons, pendiri dan CEO Clare.

Penggunaan warna ini dapat menimbulkan efek cerah, segar, serta sedikit manis di dalam ruangan. 

Baca juga: Jangan Salah Pilih, 6 Warna Cat Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Mandi

Kuning lembut

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna kuning. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna kuning.
Dapur adalah ruangan yang bagus untuk mengaplikasikan warna kuning karena bisa mencerahkan suasana hati dan meningkatkan energi, sesuatu yang dibutuhkan semua orang pada pagi hari saat ingin membuat sarapan.  

Merah muda pucat

"Saya selalu mendapatkan peningkatan suasana hati dari ruangan berwarna merah muda pucat karena mereka hanya bersinar dan menyelimuti Anda dalam rasa ketenangan," ujar Erin Gates dari Erin Gates Design.

Untuk menghindari warna merah muda yang terasa terlalu muda, pilih warna yang tepat dan memasangkannya secara strategis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com