Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Membuat Dapur yang Desainnya Tak Lekang oleh Waktu

Kompas.com - 16/04/2022, 20:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, memiliki dapur berdesain kekinian mengikuti tren yang ada mungkin diperlukan.

Selain agar ketinggalan tidak ketinggalan jaman, juga menjadikan dapur sebagai suatu kebanggaan ketika dilihat oleh para tamu yang berkunjung.

Baca juga: 6 Alasan Wajan Besi Cor Perlu Hadir di Dapur Rumah Anda

Akan tetapi, desain yang tengah naik daun tidak selamanya akan tetap digandrungi banyak orang. Ada kalanya mereka tidak lagi populer, dan kamu kembali memiliki dapur dengan desain yang ketinggalan zaman.

Disadur dari Real Simple, Sabtu (16/4/2022), ada cara untuk membuat dapur memiliki desain yang tidak lekang oleh waktu, dan tidak akan terlihat ketinggalan zaman.

1. Gunakan warna yang disukai

Ilustrasi dapur dengan warna hijau zamrudSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi dapur dengan warna hijau zamrud

Jika sage green menjadi warna yang sudah disukai sejak lama, gunakan warna itu dalam desain dapur. Jika baru mempertimbangkannya ketika warna tengah populer di media sosial, sebaiknya pikirkan kembali.

Baca juga: 6 Mitos tentang Penggunaan Wajan Besi Cor yang Tidak Perlu Dipercaya

Sebab, apa pun yang kamu yakini sesuai dengan estetika pribadimu dalam jangka panjang akan selalu menjadi tren bagimu—entah itu desain yang memasukkan unsur shiplap, detil industrial, hingga cat periwinkle.

2. Pilih material alami untuk meja dapur

Clara Jung dari Banner Day Interiors menyarankan, pilihlah material alami untuk meja dapur karena mereka memiliki efek besar pada desain dapur yang tidak lekang oleh waktu.

“Saya selalu mendorong klien untuk menggunakan material alami seperti marmer, soapstone, atau kuarsit. Material ini memiliki umur yang lebih panjang daripada batu rekayasa seperti kuarsa,” jelas Jung.

Kristen Pena dari K Interiors pun mengatakan hal yang sama. Menurutnya, batu alam tidak akan pernah ketinggalan zaman di ruang mana pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com