Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tata Letak Dapur Paling Populer yang Bisa Jadi Inspirasi

Kompas.com - 10/04/2022, 08:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur saat ini lebih dari sekadar ruang memasak, tapi juga pusat aktivitas di rumah, dari tempat bersosialisasi, tempat hiburan, hingga ruang kerja

Karena itu, ketika merencanakan tata letak dapur impian, pastikan efisiensi dan fungsionalitas ruang secara maksimum agar berbagai kegiatan dapur berjalan baik serta menyenangkan. 

Baca juga: Jangan Taruh Peralatan Dapur Kayu di Mesin Pencuci Piring, Kenapa?

Setiap ruang dapur unik, tetapi ada beberapa konfigurasi standar dan kendala umum yang ikut bermain dalam merenovasi dapur.

Untuk membantu menginspirasi desain dapur impian, berikut lima tata letak dapur paling populer beserta plus dan minus dikutip dari Homes to Love, Minggu (10/4/2022). 

Tata letak kitchen island 

Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih. Unsplash/Zac Gudakov Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih.
Tata letak kitchen island yang sangat ideal untuk orang-orang yang mengingikan dapur mereka menjadi pusat sosial. Ini memungkinkan juru masak untuk menghibur saat mereka menyiapkan makanan.

Konfigurasi kitchen island yang baik membutuhkan banyak ruang. "Kami merekomendasikan minimal 16 meter untuk kitchen island yang sukses," kata Kathy Roberts, arsitek dari firma desain Hassell, Sydney, Australia. 

Baca juga: 4 Tips Mudah Menyiasati Lantai Dapur Licin saat Kena Air

Roberts mengatakan bangku panjang lebih disukai dan memungkinkan ruang yang cukup untuk menyiapkan makanan, bersosialisasi, dan area mencuci.

Tata letak kitchen island ini menyediakan koneksi terbaik antara dapur dan ruang keluarga terbuka. Namun, kekurangannya, tidak ada tempat untuk bersembunyi.

Dapur terlihat terbuka sehingga sangat penting menjaganya tetap bersih. Koneksi terbuka antara dapur dan ruang keluarga berarti ada sedikit pemisahan dalam hal kebisingan dan aktivitas.  

Baca juga: Menarik Energi Positif, Ini Tata Letak Dapur Terbaik Menurut Feng Shui 

Tata letak dapur berbentuk U 

Ilustrasi dapur, kitchen islandUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi dapur, kitchen island
Dapur berbentuk U sangat cocok untuk keluarga besar atau beberapa juru masak yang bekerja secara bersamaan. Tata letak dapur ini juga fleksibel.

Ini dapat bekerja di dapur dengan desain panjang dan sempit serta ruang persegi besar dengan kitchen island sebagai pusat perhatian. 

Jika ruang memungkinkan, meja makan sentral yang terletak di dalam bentuk U menyediakan ruang makan atau ruang kerja santai. 

Baca juga: Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Menggabungkan Kamar Tidur dan Dapur

Dapur berbentuk U dapat ditempatkan bersebelahan dengan ruang keluarga dan membina koneksi, tetapi memungkinkan tingkat privasi dari ruang keluarga dan ruang makan terbuka.

Akan tetapi, lemari dapur berbentuk U yang besar bisa terasa besar jika detailnya tidak dipertimbangkan dengan cermat. Tata letak dapur ini juga lebih cocok untuk rumah masa waktu tertentu daripada rumah modern.

Perhatikan juga celah atau ukuran pada area di dalam U. Ini bisa berukuran berapa pun, tetapi jika terlalu lebar akan membuat jarak yang terlalu jauh di antara zona kerja sehingga menjadi tidak nyaman. 

Baca juga: Wajib Dibersihkan, Ini 4 Area di Dapur yang Kerap Jadi Sumber Bau 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com