Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2022, 17:39 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comIkan koi menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara karena memiliki tampilan yang cantik, bahkan dipercaya membawa hoki atau keberuntungan. 

Ikan yang sudah dikembangbiakkan di Jepang sejak abad ke-19 ini, khususnya yang memiliki sisik berwarna perak metalik, dipercaya sebagai simbol kekayaan dan bisnis yang sukses.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Kolam Ikan Koi

Setiap jenis ikan koi memiliki keindaha tersendiri. Misalnya, koi Goshiki memiliki warna hitam, biru, dan abu-abu. Ikan koi Goshiki juga merupakan hasil perkawinan dari koi Asagi dan Kohaku.

Lantaran tampilannya yang indah dan bisa bawa hoki, tak sedikit orang yang ingin memelihara ikan koi di dalam rumah. Keberadaan ikan koi di rumah juga bisa mempercantik ruangan.

Namun, apakah ikan koi bisa dipelihara di dalam rumah? 

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Menyebabkan Ikan Cupang Tidak Mau Makan Pelet

Pertumbuhan ikan koi

Ilustrasi ikan koi.PIXABAY/ENDRI YANA YANA Ilustrasi ikan koi.

Disadur dari The Spruce Pets, Rabu (13/4/2022), sama dengan ikan lainnya, ikan koi terlahir dengan ukuran tubuh yang kecil.

Akan tetapi, kebanyakan ikan koi berpotensi tumbuh dengan panjang lebih dari 30 sentimeter. Bahkan, ada yang panjangnya lebih dari 60 sentimeter dan lebih dari 90 sentimeter. 

Dengan ukuran yang panjang tersebut, membuat ikan koi kurang cocok untuk dipelihara di dalam rumah, kecuali jika memiliki akuarium raksasa atau hanya menampungnya sementara waktu selama musim dingin.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memelihara Ikan Koi

Butuh akuarium atau kolam yang besar

Ikan koi dapat tumbuh cukup panjang sehingga membutuhkan akuarium berukuran besar. Apabila ruangan yang tersedia tidak bisa menampungnya, sebaiknya urungkan niat memelihara ikan koi

Sebaiknya, pertimbangkan memelihara ikan jenis lain yang memiliki tampilan mirip ikan koi, tapi membutuhkan lebih sedikit ruang seperti ikan mas.

Ada beberapa ikan mas yang warna dan polanya menyerupai ikan koi, tapi ukurannya hanya 25-30 sentimeter saat sudah dewasa.

Ilustrasi ikan koiUnsplash/Sergio Capuzzimati Ilustrasi ikan koi

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Air yang Cocok untuk Kolam Ikan Koi

Terkait ukuran akuarium, tangki 500 galon—ukuran standar Amerika Serikat—atau sekitar 1892 liter hanyalah ukuran minimum. Untuk ukaran tersebut, umumnya hanya cukup menampung dua atau tiga ikan koi.

Di kolam koi biasa, kamu harus memelihara satu koi untuk akuarium dengan ukuran 946 liter air, Sementara itu, masing-masing koi betina yang besar dan aktif secara reproduktif membutuhkan 1892 liter.

Adapun ukuran itu diperlukan guna mempertahankan massa telurnya. Ukuran-ukuran yang telah disebutkan perlu dipertimbangkan agar ikan koi mendapatkan kualitas air yang baik. 

Baca juga: Jumlah Ikan di Akuarium yang Bawa Hoki Menurut Feng Shui

Ukuran yang direkomendasikan ini juga dapat memberi cukup ruang bagi ikan koi untuk berputar dengan mudah.

Lebih lanjut, kamu tidak bisa hanya memelihara satu ikan koi, terlepas dari ukuran kolam atau akuariumnya. Sebab, koi adalah ikan komunal dan tidak bisa hidup sendiri.

Jadi, disarankan memiliki setidaknya tiga ikan koi dalam satu akuarium. Ini adalah jumlah minimum yang disarankan meski dua koi pun bisa dipelihara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com