Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2022, 21:02 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memelihara ikan terlihat gampang, tapi sebenarnya tak semudah itu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar ikan tetap sehat dan tak cepat mati.

Sebab, salah sedikit saja perawatan bisa membuat ikan stres hingga mati. Melihat ikan hias kesayangan mati pasti membuat sedih, apalagi bila ini bukan pertama kalinya ikan mati mendadak.

Namun, daripada bersedih, lebih baik kamu mempelajari penyebab ikan mati berikut ini yang telah dilansir dari Fish Lab, Minggu (20/3/2022).

Baca juga: Waktu dan Jumlah yang Tepat Memberi Makan Ikan Hias

Aquariuam tidak diatur dengan benar

Ilustrasi akuarium.UNSPLASH/VIKRAM MUDALIAR Ilustrasi akuarium.
Mengatur aquarium tidak hanya memberinya air lalu manambahkan ikan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan apakah bakteri baik di aquarium sudah terpenuhi.

Juga mengatur aquarium sesuai jenis ikan. Contoh mudahnya jangan sampai kamu menaruh ikan air asin ke dalam air tawar.

Jadi, sebelum memelihara ikan, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dulu bagaimana habitatnya. Supaya kamu bisa membangun rumah yang sesuai dengan habitat aslinya sehingga membuat ikan nyaman.

Baca juga: 7 Masalah yang Mengintai Ikan Hias Akibat Terlalu Banyak Makan

Aquarium terlalu kecil

Punya aquarium kecil, tapi ingin memelihara ikan banyak. Jadi, kamu menaruh semua ikan yang baru saja dibeli ke dalam satu wadah. Itu namanya menghukum ikan, bukan memelihara.

Menaruh ikan terlalu banyak dalam aquarium juga bisa membuat mereka stres karena sulit untuk bergerak. Selain itu, oksigen di dalam aquarium juga tidak akan mencukupi sehingga bisa membuat sesak.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Ikan Diskus, Si Raja Ikan Hias Akuarium

Mencampur ikan yang tidak cocok

Ilustrasi ikan dalam akuariumUnsplash/Daniel Corneschi Ilustrasi ikan dalam akuarium
Ikan memang bisa bersosialisasi dengan ikan lainnya. Sayangnya ada beberapa jenis ikan yang tidak bisa berteman karena memiliki sifat yang agresif dan sangat teritorial.

Ikan yang memiliki sifat teritorial bila dipertemukan dengan ikan lain bisa menjadi agresif. Sehingga bisa membuat mereka berebut makanan, bahkan menyerang ikan lain.

Bisa juga ikan agresif seperti cupang mengejar dan menyerang ikan yang baru saja kamu beli. Membuat ikan ketakutan dan stres karena tidak memiliki tempat untuk bersembunyi ataupun kabur.

Baca juga: Cara agar Ikan Hias Tetap Bahagia di Akuarium Kecil

Memberi makan ikan secara berlebihan

Bila kamu berpikiran memberi makan ikan banyak adalah bentuk kasih sayang, sebaiknya segera hentikan. Pasalnya memberi makan ikan secara berlebihan bisa membuat mereka mati mendadak.

Hal ini karena bisa membuat air memiliki kualitas yang buruk dan menyebabkan ikan mengalami keracunan. Alasanya, semakin kamu memberi makan ikan, semakin banyak pula mereka mengeluarkan kotoran.

Kotoran yang menumpuk ditambah dengan sisa makanan yang tak bisa dimakan oleh ikan akan menghasilkan limbah. Limbah inilah yang mempengaruhi kualitas air dan membuat ikan keracunan.

Baca juga: 5 Ikan Hias Air Laut yang Cocok Dipelihara di Akuarium

Aquarium mengalami perubahan suhu

Perubahan suhu pun bisa mempengaruhi kesehatan ikan. Apalagi bila perubahan suhu itu terjadi secara tiba-tiba dan ekstrem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com