Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Varietas Jeruk yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 11/04/2022, 18:23 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang jeruk (citrus), umumnya orang mengetahui bahwa buah ini hanya dapat diolah menjadi makanan dan minuman lantaran memiliki rasa yang manis serta asam. 

Padahal, disadur dari The Maids MA, Senin (11/4/2022), setidaknya ada tiga varietas jeruk yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah.

Setiap varietas jeruk ini memiliki manfaat tersendiri, dari menghilangkan noda air sadah, membersihkan bak mandi, hingga mengusir semut.

Baca juga: Cara Menggunakan Kulit Pisang dan Kulit Jeruk untuk Menyuburkan Tanaman

Lemon

Ilustrasi lemon, buah lemon. PEXELS/SHANA PENG Ilustrasi lemon, buah lemon.

  • Pembersih noda air sadah

Buah lemon (Citrus limon) adalah varietas jeruk yang bisa digunakan sebagai pembersih noda air sadah.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu memotong lemon menjadi dua bagian dan menggunakan masing-masing potongannya sebagai spons.

Gosok potongan lemon pada area yang ingin bersihkan dan lakukan tanpa produk pembersih. Lemon mampu memotong endapan mineral yang menyebabkan noda air sadah muncul.

  • Noda pada permukaan tembaga

Noda pada permukaan tembaga dapat dihilangkan dengan lemon dan garam. Caranya, potong lemon menjadi dua bagian, taburkan garam di atasnya, lalu gosok permukaan yang akan dibersihkan secara lembut.

Baca juga: 6 Cara Memanfaatkan Buah Lemon untuk Membersihkan Kamar Mandi

Limau gedang

Ilustrasi grapefruit atau limau gedang Ilustrasi grapefruit atau limau gedang

Limau gedang (Citrus x paradisi) dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi seperti membersihkan noda cincin di bak mandi, menghilangkan residu buih sabun dan noda air sadah di showerdan membersihkan wastafel

Caranya, ambil dua hingga tiga buah limau gedang, lalu potong menjadi dua bagian. Selanjutnya, taburkan garam dan gosok permukaan yang ingin dibersihkan.

Baca juga: Cara Mengusir Semut secara Alami Pakai Kulit Jeruk 

Jeruk

Jeruk (Citrus x sinensis) ternyata bisa digunakan sebagai pembasi semut dan ngengat.

Jeruk dalam bentuk minyak bisa digunakan untuk membasmi semut, termasuk semut api. Kamu dapat menggunakan campuran minyak esensial jeruk dan air untuk membasmi semut.

Cara lain menggunakan kulit jeruk yang dihaluskan (puree) dengan air untuk mendapatkan ekstrak minyaknya. Tuangkan campuran ke atas sarang semut.

Sementara itu, untuk mengusir ngengat dari lemari, ambil cengkih, lalu tusukkan ke kulit jeruk, dan gantung di lemari atau simpan di dalam laci lemari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com