Kompas.com - 11/04/2022, 11:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam benda bermaterial kaca yang bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, mulai dari piring, stoples, hingga gelas.

Akan tetapi, tidak semua benda bermaterial kaca datang tanpa stiker, entah itu stiker berisi informasi benda yang dibeli atau label harga.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Sisa Stiker yang Menempel di Berbagai Permukaan

Saat melepas stiker dari permukaan kaca, terkadang mereka meninggalkan residu lengket yang cukup sulit untuk dihilangkan.

Dikutip dari Bob Vila, Senin (11/4/2022), ada cara aman untuk melepas stiker dari permukaan kaca supaya tidak meninggalkan residu lengket, yaitu sebagai berikut.

1. Air sabun panas

Ilustrasi sabun cuci piring. SHUTTERSTOCK/THAMYRIS SALGUEIRO Ilustrasi sabun cuci piring.

Sabun cuci piring atau sabun cuci tangan dan air panas, bukan mendidih, merupakan dua alat yang efektif untuk memecah perekat stiker.

Caranya, rendam benda bermaterial kaca di dalam air sabun yang panas selama 10-20 menit. Setelah itu, lepas stiker dengan ujung kuku.

Baca juga: Ragu Memasang Wallpaper di Kamar Mandi? Coba Pakai Stiker Dinding

Untuk benda yang tidak bisa direndam, tutupi area berstiker dengan spons yang sudah direndam dalam air sabun panas. Lakukan selama 10-20 menit. Nantinya, stiker akan langsung terlepas setelah perekatnya melemah.

2. Suhu panas pengering rambut

Apabila cara pertama kurang ampuh, manfaatkan suhu panas dari pengering rambut (hair dryer). Atur angin menjadi yang paling panas.

Lalu, posisikan pengering rambut beberapa inci dari stiker dan nyalakan selama satu atau dua menit. Setelah itu, cobalah lepaskan stiker menggunakan ujung kuku atau ujung kartu kredit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bob Vila
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.