Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Siklus Hidup Tanaman Annual, Biennal dan Perennial?

Kompas.com - 31/03/2022, 11:35 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa tanaman hiasmu mati setelah berbunga? Apakah salah dalam perawatan? Atau terserang hama?

Tanaman memiliki siklus hidup yang berbeda-beda pada setiap musim dan suhu udara. Jadi belum tentu tanaman mati karena terserang hama, bisa jadi itu memang siklus hidupnya.

Perbedaan siklus hidup tanaman ini dibedakan menjadi tiga jenis yaitu annual, biennial dan perennial.

Mengetahui siklus hidup tanaman adalah syarat penting sebelum memeliharanya. Dengan begitu kamu akan lebih mengetahui cara perawatan yang tepat sehingga tanaman bisa berproduksi dengan maksimal.

Melansir dari The Sunday Gardener, Kamis (31/03/2022), berikut ini perbedaan tanaman annual, biennial dan perennial beserta jenis tanamannya.

Baca juga: Ini Waktu dan Cara Merepotting Tanaman Dalam Ruangan

Tanaman annual

Tanaman annual atau tahunan biasannya bereproduksi dalam satu tahun atau satu musim. Dalam tahun yang sama mereka berkecambah, mekar, berbiji dan mati. Tanaman annual biasanya memproduksi banyak biji pada akhir masa hidupnya.

Kamu bisa menggunakan biji ini untuk ditanam sehingga kamu bisa mendapatkan tanaman baru. Beberapa jenis tanaman annual adalah geranium, petunia, marigold, calendula dan nasturtium.

Baca juga: 5 Tanaman Daun Berbentuk Hati untuk Inspirasi Kado Orang Terkasih

Tanaman biennial

Ilustrasi tanaman hias dalam ruanganShutterstock/Netrun78 Ilustrasi tanaman hias dalam ruangan

Tanaman biennial membutuhkan waktu 2 musim untuk melengkapi siklus hidupnya. Pada tahun pertama biasanya tanaman biennial menghasilkan bibit muda dengan akar, batang dan daun.

Pada tahun berikutnya ia mulai memproduksi bunga buah dan biji lalu kemudian mengakhiri siklus hidupnya. Beberapa jenis tanaman biennial adalah bawang-bawangan, hollyhock dan parsley.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Zen Garden Ala Jepang

Tanaman perennial

Tanaman perennial bisa berbunga dan bertahan hidup selama bertahun-tahun. Biasanya tanaman perennial memiliki ciri khas keras dan berkayu.

Karena siklus hidup yang panjang tanaman ini sering menjadi pilihan untuk ditanam sebagai tanaman hias dan stok sayuran sepanjang tahun.

Semakin baik perawatan dan kondisi tanaman maka semakin lama pula tanaman bisa hidup. Beberapa jenis tanaman perennial adalah lavender, lily, kelor, hydrangea, tomat, kentang, mint dan terong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com