Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaya Manfaat, Ini Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

Kompas.com - 24/03/2022, 08:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan pupuk sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa penggunaan pupuk anorganik atau pupuk kimia dapat memiliki dampak negatif bagi lingkungan.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (24/3/2022), bila pupuk anorganik digunakan dalam jangka waktu yang lama dan dalam jumlah yang tinggi, maka akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan, misalnya tanah menjadi lebih keras dan mikroorganisme sebagai unsur yang ikut mempengaruhi jumlah hara pada tanaman menjadi berkurang.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan pupuk organik atau pupuk alami yang lebih aman bagi tanaman dan lingkungan. Pupuk organik bisa berasal dari bahan dasar limbah, salah satunya dari kulit nanas.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kandang dari Kotoran Sapi

Ilustrasi buah nanas. FREEPIK/8PHOTO Ilustrasi buah nanas.

Kulit nanas banyak dijumpai dalam bentuk limbah dari rumah tangga dan tempat pengolahan makanan dan minuman. Bahan tersebut bisa kita manfaatkan daripada dibuang dan mencemari lingkungan.

Pupuk organik cair (POC) dari kulit nanas mengandung unsur hara makro (nitrogen, fosfor dan kalium) yang esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Unsur hara mikro di dalamnya termasuk besi (Fe), boron, mangan, tembaga, seng, dan klor.

Tanaman membutuhkan unsur hara makro sekitar 0,5 sampai 3 persen dari berat tubuh tanaman yang meliputi unsur N, P dan K yang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi.

Unsur hara yang terkandung pada pupuk dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Nasi Sisa Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

Dengan menggunakan urban komposter, Anda bisa dapat mengolah kulit nanas atau limbah kulit nanas menjadi pupuk cair organik yang kaya akan nutrisi dan unsur hara buat tanaman.

Kandungan gula pada kulit nanas sangat tinggi, yakni 9,9 gram dalam 100 gram buah nanas. Kandungan protein yang tinggi serta unsur nitrogen yang tinggi ini sangat baik buat vegetatif tanaman dan sebagai pupuk yang kaya akan unsur hara tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com