Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2022, 08:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Selain dijadikan sebagai bahan utama dari berbagai minuman kesehatan, jeruk nipis juga dijadikan sebagai penyedap masakan.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah salah satu buah yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena selain biasa di jadikan bahan dasar minuman, jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

Jeruk nipis diyakini dapat menjadi obat penyakit ambeien, sakit gigi, batuk, batuk berdarah, demam, rambut rontok dan ketombe, jerawat, pegal linu, amandel, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Merah di Polybag, Tidak Butuh Lahan Luas

Ilustrasi buah jeruk nipis, tanaman jeruk nipis, pohon jeruk nipis. SHUTTERSTOCK/IDEATION90 Ilustrasi buah jeruk nipis, tanaman jeruk nipis, pohon jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki beberapa kandungan yang sangat berguna untuk daya tahan tubuh seperti vitamin C, Vitamin B, vitamin A, dan juga Folat. Masing-masing dari kandungan tersebut memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk menanam jeruk nipis, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yaitu dengan menanam dari benih atau biji, stek, ataupun dengan teknik pencakokan.

Budidaya jeruk nipis dengan stek dilakukan agar mereka mendapatkan hasil serupa seperti hasil yang dihasilkan pohon indukannya. Namun untuk cara ini, Anda harus bisa membedakan mana pohon jeruk nipis yang produktif dan tidak.

Berbeda dengan cara menanam jeruk nipis dari biji. Walaupun pertumbuhannya lebih lama dibandingkan dua cara yang lain, namun diyakini akar yang tumbuh akan jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan dua acara yang lainnya.

Baca juga: Ketahui Manfaat Menanam di Dalam Pot dan Jenis Tanaman yang Cocok

Pohon dengan akar tunjang yang kuat akan lebih kuat menahan angin saat cuaca sedang tidak baik.

Walaupun terdiri dari beberapa cara menanam, pada intinya cara menanam jeruk nipis adalah sama. Anda harus tahu jenis tanah yang cocok, pupuk, dan juga cara perawatannya agar hasil yang maskimal dapat di dapatkan.

Berikut cara menanam jeruk nipis yang dapat dilakukan di pekarangan rumah atau lahan maupun kebun.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com