Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet berjamur adalah kondisi yang buruk dan harus dihindari. Menghilangkan jamur dari serat dan alas karpet bisa jadi sulit atau bahkan tidak mungkin.

Lebih buruk lagi, seperti dikutip dari The Spruce, Senin (7/3/2022), jamur sering muncul pertama kali di bagian belakang karpet yang tidak terlihat sampai berkembang dan sulit dihilangkan.

Dikatakan bahwa kelembapan adalah penyebab utama yang menyebabkan jamur pada karpet dan membersihkan karpet dari kelembapan akan mengatasi masalah jamur. Namun demikian, jamur pada karpet cukup mudah dikendalikan.

Baca juga: Cara Terbaik Menyingkirkan Permen Karet yang Menempel di Karpet

Ilustrasi ruang tamu dengan sofa berwarna cokelat. Unsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang tamu dengan sofa berwarna cokelat.

Sejumlah peneliti telah menemukan bahwa penyebab utama jamur pada karpet bukanlah kelembapan atau suhu, yakni kotoran.

Berikut beberapa cara mencegah jamur berkembang di karpet agar tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi Anda dan keluarga.

1. Cek kelembapan ruangan

Tingkat kelembapan 65 persen atau lebih rendah cenderung menjadi tingkat yang sempurna untuk menjaga karpet bebas jamur. Anda dapat menurunkan kelembapan di ruangan dengan menyalakan dehumidifier portabel.

Anda juga dapat memberikan aliran udara dengan membiarkan jendela dan pintu terbuka sesuai kebutuhan. Jangan membuka jendela jika kelembapan luar ruangan tinggi.

Baca juga: Cara Mengatasi Bekas Lekukan Furnitur pada Karpet

2. Jaga suhu ruangan

Suhu 26 derajat celcius ke atas dapat berkontribusi pada pertumbuhan jamur di karpet. AC portabel atau sentral dapat membantu suhu dan kelembapan karena menurunkan kelembapan saat mendinginkan udara.

3. Jaga kebersihan karpet

Sebuah studi ilmiah yang disponsori oleh Carpet and Rug Institute (CRI) memberikan gambaran yang lebih kompleks tentang bagaimana jamur tumbuh di karpet dan cara terbaik untuk menghindari masalah tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com