Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Furnitur Abadi yang Bisa Menjadi Investasi Jangka Panjang

Kompas.com - 02/03/2022, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menata dan mendekorasi rumah baru menjadi tugas mengasyikkan, tetapi juga terasa sulit, salah satunya memilih furnitur yang tepat. 

Furnitur memainkan peran penting dalam mendekorasi ruangan atau interior rumah. Furnitur tidak hanya membuat rumah tampak tertata, tetapi juga meningkatkan keindahan dan kemewahan, asalkan mengaturnya dengan benar. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Makan yang Nyaman dan Awet

Iram Sultan, desainer interior dari Iram Sultan Design Studio, India, mengatakan semua rumah harus memiliki rasa bahagia, ramah, dan nyaman. Inilah yang perlu diingat pemilik rumah ketika memilih furnitur.

Iram menambahkan, saat ini kita membutuhkan ruang multifungsi sehingga furnitur harus dapat melakukan tugas ganda dan memenuhi semua kebutuhan.  

Namun, penting juga memilih furnitur berkualitas yang bisa digunakan dalam jangka panjang, bahkan diwariskan ke anak cucu. 

Dilansir dari Architectural Digest, Rabu (2/3/2022), berikut daftar furnitur abadi yang bisa menjadi investasi jangka panjang. 

Baca juga: Tips Menata Furnitur di Dalam Ruangan agar Tampak Cantik dan Tertata

Sofa modular

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modularShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular
Sofa modular memiliki keuntungan dapat diatur dalam berbagai cara, dibongkar, dan ditampilkan sebagai kursi atau meja yang berdiri sendiri. Selain itu, dapat diubah menjadi sofa panjang dengan tambahan bangku modular ekstra.

“Saya suka sofa yang nyaman dengan standar gaya sangat tinggi. Saya lebih suka sofa berlapis kain dengan garis-garis bersih yang tak lekang oleh waktu karena dapat menopang semua jenis ruang tempat duduk," kata Iram. 

Dalam hal material, Huzefa Rangwala, Direktur dari MuseLAB—studio desain asal India—mengatakan sofa harus memiliki bingkai kayu keras yang kokoh, lebih disukai delapan arah, pegas yang diikat dengan tangan, dan kain yang tahan lama. 

Baca juga: Cara Merawat Furnitur Berlapis Kulit agar Awet dan Tahan Lama 

Meja makan multifungsi

Makan di meja dapur akan terasa melelahkan dan keluarga akan mendambakan makan di meja lain. Untuk itu, cobalah berinvestasi pada satu meja yang dapat melayani tujuan lain. 

“Saya suka meja makan panjang yang indah, yang berfungsi ganda sebagai meja kerja dari rumah atau meja permainan,” kata Nishita Kamdar dari Studio Nishita Kamdar.

Saat memilih ukuran, pikirkan tentang berapa banyak orang yang suka berada di sekitar meja  atau idealnya jumlah anggota keluarga di rumah.

Lebih baik lagi bila meja dapat dilipat saat tidak digunakan dan diperpanjang sesuai dengan jumlah tamu. 

Baca juga: Kenali 7 Jenis Kayu Terbaik untuk Dijadikan Furnitur 

Meja nesting 

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna kuning, ilustrasi meja nesting di ruang keluarga. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna kuning, ilustrasi meja nesting di ruang keluarga.
Meja nesting memiliki ukuran kecil, tapi efektif menempati sedikit ruang sambil diselipkan dengan rapi di dalam satu sama lain serta dapat dipindahkan di sekitar rumah sesuai kebutuhan seseorang.

Selain itu, meja nesting juga dapat berfungsi ganda sebagai meja kopi, meja samping, bahkan sebagai nakas atau rak pajangan. 

Baca juga: 4 Cara Menemukan Furnitur yang Tepat untuk Kamar Tidur 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com