Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Trik Mendekorasi Rumah dengan Anggaran Minim

Kompas.com - 20/02/2022, 07:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah umumnya memakan biaya mahal. Industri dekorasi rumah dipenuhi dengan merek-merek mewah yang mempromosikan produk-produk premium.

Jika memiliki anggaran terbatas, hal ini tentu membuat Anda kesulitan dan merasa tidak dihargai dari beberapa opsi untuk aksesori dekoratif. 

Baca juga: Murah Meriah, Ini 5 Cara Mendekorasi Rumah dengan Anggaran Terbatas

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa pilihan mendekorasi rumah yang minim anggaran. Bahkan, bila tidak memiliki anggaran sama sekali, Anda dapat mendedikasikan sedikit waktu ekstra untuk membuat beberapa dekorasi rumah yang indah. 

Dilansir dari Roohome, Minggu (20/2/2022), berikut delapan trik mendekorasi rumah dengan anggaran minim.

Lampu gantung

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Coba ganti perlengkapan lampu yang sudah ketinggalan zaman atau lampu overhead dengan lampu gantung atau lentera. Ucapkan selamat tinggal pada warna yang berdebu dan pudar.

Sebagai gantinya, segera tingkatkan suasana dengan lentera cerah yang ditempatkan secara strategis dan berpusat pada dekorasi.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Mendekorasi Rumah Minimalis  

 

Lampu string LED

Saat ini, lebih banyak orang menggunakan lampu string LED di kamar tidur mereka untuk menambahkan cahaya lembut ke ruangan untuk membantu memberi ketenangan dan tidur.

Lampu LED bisa romantis, menyenangkan, atau tenang, tergantung pada desainnya. Mereka adalah investasi yang relatif murah serta menambah suasana di kamar tidur.

Keset

Ilustrasi keset.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi keset.
Pintu depan rumah adalah area kunci untuk setiap rumah. Area ini menjadi awal untuk memberi orang sesuatu yang hangat dan ramah ketika tiba di rumah Anda.

Untuk menyambut tamu, letakkan keset cantik di pintu depan rumah. Pintu depan rumah adalah kesempatan pertama Anda untuk memperkenalkan seseorang pada gaya dekorasi yang diusung rumah.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Tanaman 

Sejak awal pandemi, membawa tanaman ke dalam ruangan semakin populer. Anda bisa membwa energi ramah lingkungan ke dalam ruangan dengan tanaman.

Trik mendekorasi rumah ini sangat mudah dilakukan dan menciptakan titik fokus yang menarik di ruangan. Namun, dampak visualnya berbeda-beda, tergantung pada tanaman hijau yang dipilih dan lokasi penempatan. 

Baca juga: 5 Tanda Mendekorasi Rumah Secara Berlebihan

Penyimpanan

Penyimpanan dan pengatur membantu merapikan barang-barang yang berantakan sekaligus memberikan tampilan baru pada ruangan. Ruang penyimpanan dan rak yang tidak konvensional dapat mengubah tampilan ruangan. 

Ganti pegangan kabinet 

Ilustrasi kabinet dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi kabinet dapur
Cara terbaik mendekorasi rumah adalah mengganti pegangan kabinet dan gagang pintu. Kebanyakan pegangan kabinet, gagang pintu, dan pegangan lainnya sudah terlihat kusam. 

Untuk itu, ganti dengan sesuatu yang sedikit lebih menakjubkan. Anda bisa mendapatkan beberapa pegangan dan perlengkapan kabinet yang tampak sangat mewah tanpa mengeluarkan uang terlalu banyak. 

Baca juga: 9 Tips Mendekorasi Rumah Kontrakan agar Cantik dan Nyaman Dihuni 

Bantal sofa dan sarungnya 

Bantal sofa dan sarungnya adalah barang dekorasi rumah yang diremehkan. Padahal ini, adalah trik mendekorasi rumah dengan biaya sangat sedikit, tetapi menambahkan begitu banyak tampilan.

Cobalah letakkan beberapa bantal sofa di ruang keluarga atau ruang tamu, lalu gunakan sarung bantal yang memiliki warna, corak, serta pola menarik. Bantal sofa memberi kenyamanan dan membawa lebih banyak tekstur ke dalam ruangan. 

Baca juga: 4 Trik Mendekorasi Rumah dan Menyimpan Barang dengan Keranjang Anyaman

 

Cat ulang dan perbaiki lemari dapur 

Lemari dapur dapat terlihat kuno setelah beberapa tahun. Untuk memperbarui tampilannya, ampelas lemari dapur dan cat ulang.

Refinishing dapat membuat lemari dapur tampak seperti baru dan mempercantik tampilan dapur tanpa perlu mengganti lemari baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com