Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Gaya Minimalis Jepang

Kompas.com - 24/12/2021, 08:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Filosofi desain minimalis melekat dalam budaya Jepang. Filosofi desain ini berakar pada filosofi Zen yang pada gilirannya sangat memengaruhi desain Jepang.

Dilansir dari Home and Decor, Jumat (24/12/2021), pusat sosial rumah tradisional Jepang adalah ruang multifungsi yang fleksibel yang disebut washits atau ruang tatami, yang merupakan ruang kosong dengan tatami yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan.

Tradisi memiliki ruangan yang fleksibel ini sangat relevan saat ini, di mana kita melakukan hampir semua hal dari rumah. 

Baca juga: 5 Tips Ciptakan Teras Rumah Minimalis Bernuansa Zen

Ilustrasi ruang tamu bergaya Japandi.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu bergaya Japandi.

Berikut beberapa tips dekorasi rumah dengan desain minimalis ala Jepang

1. Fleksibilitas

Rumah atau apartemen kita saat ini dapat menjadi sekolah atau kantor selama hari kerja. Buat transisi lebih mudah dengan memiliki furnitur multifungsi dan portabel yang diletakkan rendah di lantai.

Anda juga dapat mempertimbangkan partisi ruangan yang fleksibel seperti akordeon atau pintu geser, atau tirai untuk menggabungkan dan membagi ruangan sesuai dengan kebutuhan.

2. Geometris

Menurut praktisi penataan rumah Marie Kondo, semua yang ada di rumah Anda harus memiliki tempatnya sendiri. Pertimbangkan penyimpanan tersembunyi berbahan kayu yang terlihat rapi dan rapi yang akan mengatasi kekacauan.

Baca juga: 6 Ide Menciptakan Gaya Minimalis di Rumah

3. Material alami yang berfungsi seiring berjalan waktu

Memiliki rumah rapi tidak harus membosankan. Bangun palet material dengan material alami yang akan mendapatkan patina seiring bertambahnya usia atau menampilkan ketidaksempurnaan yang menarik secara visual seperti kayu patri, kayu shou sugi ban, dan baja corten.

Tambahkan warna putih ke skema warna dengan kertas, yang akan mempertahankan kualitas aslinya untuk waktu yang lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com