Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2022, 12:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon menjadi salah satu buah sumber vitamin C yang berperan penting dalam kesehatan tubug manusia sebagai antibodi sistem kekebalan tubuh, antioksidan, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah sel kanker. 

Selain bisa dibeli langsung ke toko buah, Anda juga bisa menanam lemon untuk mendapatkan buahnya. Seperti yang dilansir dari Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (8/2/2022) menanam buah lemon ini tidak memerlukan lahan yang luas, karena bisa ditanam dengan sistem tambulapot atau menggunakan pot.

Bibit buah lemon dapat diperbanyak dengan cara generatif (biji) dan dengan cara vegetatif (sambung dan cangkok). Menanam bibit lemon indukan yang berkualitas menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menanam lemon

Baca juga: Makna Meletakkan 9 Buah Lemon di Rumah, Bisa Menarik Kekayaan

Ilustrasi lemon, buah lemon. PEXELS/SHANA PENG Ilustrasi lemon, buah lemon.

Sangat dianjurkan mengunakan bibit yang berasal dari memperbanyak vegetatif, karena beberapa keunggulan antara lain, memiliki sifat unggul dengan indukannya dan waktu panen buah lemon relatif antara dua hingga tiga tahun, bila dibandingkan dengan biji (generatif) butuh waktu berbuah hingga lima hingga enam tahun lamanya.

Berikut cara menanam lemon di dalam pot. 

Bahan dan alat 

  • Bibit jeruk lemon
  • Pot dengan diameter minimal 30 cm
  • Pecahan genting atau bata
  • Tanah berhumus
  • Arang sekam
  • Humus bambu. 

Baca juga: 9 Pembersih Buatan Sendiri dari Kulit Lemon

Cara menanam lemon

Siapkan bibit lemon yang akan ditanam. Pastikan bibit yang akan gunakan sedang dalam kondisi sehat, tidak ada bagian yang terkena penyakit, virus maupun serangan hama.

Kemudian tata potongan bata atau genting pada dasar pot yang akan digunakan. Siapkan media tanam. Campur tanah, arang sekam, dan humus dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com