Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menambahkan Tanaman ke Ruangan

Kompas.com - 04/02/2022, 08:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias membawa warna dan tekstur ke dalam dekorasi ruangan. Ada banyak tanaman yang bisa dipilih untuk menjadi elemen dekorasi ruangan. 

Dilansir dari Love to Know, Jumat (4/2/2022), ada beberapa tips yang dapat membantu menambahkan tanaman hias ke dalam ruangan dan pastikan mamasukkan tanaman ke pot yang sesuai dengan dekorasi ruangan. 

Berikut ini lima hal yang perlu diperhatikan saat menambahkan tanaman hias ke dalam ruangan. 

Baca juga: 7 Tanaman yang Cocok untuk Terrarium 

Menata tanaman secara berkelompok atau visual 

Penting untuk memastikan kebutuhan cahaya tanaman terpenuhi, terutama pada tanaman dalam ruangan.UNSPLASH/SIXTEEN MILES OUT Penting untuk memastikan kebutuhan cahaya tanaman terpenuhi, terutama pada tanaman dalam ruangan.
Untuk meletakkan tanaman baik secara sendiri maupun berkelompok, perhatikan bentuk daun, warna, dan tinggi tanaman. Ini sangat penting ketika mengelompokkan tanaman.

Letakkan tanaman dengan angka ganjil untuk tampilan estetika terbaik seperti tiga, lima, juga tujuh. Anda juga dapat menanam lebih dari satu tanaman dalam pot untuk efek berlapis.  

Perhatikan pencahayaan

Tentukan jenis sinar matahari di setiap ruangan. Pahami apakah tanaman dapat tumbuh subur dalam cahaya rendah, sedang, dan terang.

Beberapa tanaman dapat bertahan dalam cahaya apa pun, sementara tanaman yang lain sensitif terhadap cahaya. Pastikan cahaya ruangan cukup untuk tanaman. 

Baca juga: 5 Media Tanam yang Bisa Bikin Tanaman Hias Tumbuh Subur 

Pilih tanaman berdaun beraneka ragam

Ilustrasi tanaman hiasUnsplash/Art and Soil Bangalore Ilustrasi tanaman hias
Tanaman dengan daun beraneka ragam menghadirkan kedalaman dan ketertarikan pada sebuah ruangan.

Beberapa tanaman memiliki daun hijau dan putih, sedangkan tanaman lain datang dalam berbagai warna seperti dieffenbachia.

Tanaman ini memiliki batang mirip rotan dengan daun beraneka ragam sehingga membuatnya pilihan yang cocok untuk di dalam ruangan.

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Memberi Nuansa Tenang di Kamar Tidur 

Tumbuh dalam cahaya tidak langsung yang terang, dieffenbachia tersedia dalam ukuran kecil hingga besar. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk ruang kosong seperti sudut dan ruang di antara perabot besar seperti sofa dan rak buku.

Namun, berhati-hati karena tanaman ini memiliki getah yang berracun jika tertelan. 

Selain itu, ada tanaman croton yang bisa digunakan di dalam ruangan. Tanaman tropis ini hadir dalam berbagai warna seperti merah, kuning, merah muda, oranye, krem, bahkan hitam.

Biasanya, tanaman ini bia tumbuh setinggi 60 sentimeter, bahkan beberapa bisa hingga 1,5 meter. Tanaman croton membutuhkan cahaya terang hingga rendah. Kelompokkan dengan tanaman daun hijau untuk kontras. Namun, getahnya beracun jika tertelan. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Memberi Nuansa Tenang di Kamar Tidur 

Tanaman berukuran tinggi

Ada beberapa tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Menaruh tanaman dalam ruangan seperti golden pothos, English ivy, dan lidah mertua di sudut rumah dapat membantu menjernihkan udara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.Unsplash/Huy Phan Ada beberapa tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Menaruh tanaman dalam ruangan seperti golden pothos, English ivy, dan lidah mertua di sudut rumah dapat membantu menjernihkan udara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.
Tanaman berukuran tinggi ideal untuk diletakan di sudut dan area lain di dalam ruangan. Berikut beberapa pilihan tanaman berukuran tinggi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com