Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menghangatkan Rumah Tanpa Bantuan Heater

Kompas.com - 02/02/2022, 23:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski menetap di daerah dataran tinggi, mungkin tidak semua orang tahan akan suhu dingin, terlebih saat musim hujan tiba.

Untuk itu, perlu membuat rumah terasa hangat agar memberi kenyamanan. Cara mudah menghangatkan ruangan adalah memasang heater—perangkat elektronik yang mampu menghangatkan ruangan

Kendati demikian, heater tidak terlalu dibutuhkan untuk menghangatkan rumah. Melansir dari My Decorative, Rabu (2/2/2022), ada beberapa cara menghangatkan rumah tanpa menggunakan heater. 

Baca juga: 4 Penyebab Termostat Gagal Menghangatkan Rumah Saat Cuaca Dingin

Perbaiki atau rawat jendela

Ilustrasi penutup jendela, ilustrasi window blinds - Penutup jendela jenis honeycomb.SHUTTERSTOCK / Kateryna Kubitsa Ilustrasi penutup jendela, ilustrasi window blinds - Penutup jendela jenis honeycomb.

Jendela merupakan sumber umum dari hilangnya suhu panas. Energy Star memperkirakan, hilangnya panas dan perolehan panas dari jendela bertanggung jawab atas 25-30 persen penggunaan energi pendinginan dan pemanasan.

Jadi, kamu perlu menggunakan jendela hemat energi untuk menghemat uang dan menjaga rumah tetap hangat.

Apabila belum ada bujet, rawat jendela dengan menambahkan penutup jendela (window blind) jenis honeycomb, kemudian pasang tirai berbahan tebal dan tutup serapat mungkin.

Baca juga: Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

Cegah udara masuk ke rumah

Cara lainnya adalah memeriksa rumah untuk mencari angin yang masuk melalui sudut, celah, atau pintu dan perbaiki menggunakan weatherstrip.

Weatherstrip adalah benda berbahan karet yang digunakan untuk menutup celah pada daun pintu atau jendela.

Bisa juga menutup bagian yang tidak bergerak menggunakan dempul, memasang gasket busa penahan angin di belakang outlet listrik, atau menutup saluran yang bocor pakai lakban AC

Baca juga: Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

Beli selimut berkualitas tinggi atau pakai jubah

Ilustrasi selimut, ilustrasi knitted blanket, ilustrasi selimut rajut.SHUTTERSTOCK / Akasha Ilustrasi selimut, ilustrasi knitted blanket, ilustrasi selimut rajut.

Selimut berkualitas tinggi dapat membantu menghangatkan tubuh sekaligus menghemat tagihan listrik untuk heater. Pilih selimut rajut karena mereka umumnya lebih hangat dan lebih nyaman. 

Selimut rajut juga lebih berat dari selimut biasa. Bobot ekstra ini dapat memberi kehangatan lebih. Jika memungkinkan, cari selimut rajut yang bisa menutupi seluruh tubuh.

Alternatif lain yang dapat digunakan adalah mengenakan jubah jenis terry berbahan tebal jika memilikinya.

Baca juga: Mudah, ini Cara Menyegarkan Selimut Tanpa Perlu Dicuci

Pasang humidifier

Humidifier adalah perangkat elektronik untuk meningkatkan kelembapan, menjaga kualitas udara, serta membasmi kuman dan bakteri.

Namun, mereka juga dapat membantu menurunkan suhu dingin karena udara dengan kelembapan tinggi akan secara alami terasa lebih hangat.

Baca juga: Langkah Membersihkan Humidifier Pakai Cuka Putih

Masak

Jika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Jika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.
Cara paling mudah dan murah membuat rumah terasa lebih hangat adalah memasak. Sembari menghangatkan tubuh, kamu dapat kreasikan makanan dengan beragam bahan dan bumbu yang ada.

Letakkan karpet

Selain mempercantik ruangan, karpet juga bisa membantu menghangatkan ruangan. Jika memiliki lebih dari satu karpet tebal, tumpuk karpet untuk menambah insulasi ke dalam ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com