Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2022, 10:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan kayu dan bahan lainnya, pintu yang terbuat dari material baja tidak menyediakan tempak dan "makanan" untuk jamur serta lumut.

Namun, kotoran dan kontaminan dalam air hujan dan kondensasi, bahkan minyak dari tangan manusia meninggalkan bahan organik yang cukup untuk memungkinkan jamur tumbuh pada pintu baja

Baca juga: 6 Pilihan Gaya dan Material Menarik untuk Pintu Depan Rumah

Melansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (20/1/2022), karena pintu baja tidak mendukung pertumbuhan jamur, membersihkannya sesering mungkin akan menghilangkan masalah.

Jamur dapat hidup pada sisa sabun sehingga perlu membilas pintu baja secara menyeluruh setelah setiap pembersihan. Berikut cara membersihkan pintu baja dari kotoran yang menempel.  

Campurkan larutan amonia

Ilustrasi pupuk. Salah satu bahan baku pupuk menggunakan amonia atau ammonia. Baru-baru ini, peneliti temukan cara membuat amonia dari udara.SHUTTERSTOCK/Criniger kolio Ilustrasi pupuk. Salah satu bahan baku pupuk menggunakan amonia atau ammonia. Baru-baru ini, peneliti temukan cara membuat amonia dari udara.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan saat membersihkan pintu baja. 

Setelah itu, campurkan satu cangkir amonia ke dalam 10 liter air hangat. 

Baca juga: 6 Hal yang Tak Boleh Terlihat dari Pintu Masuk Rumah Menurut Feng Shui 

Rendam spons 

Rendam spons atau sikat berbulu lembut dalam larutan atau semprot dengan semprotan bertekanan rendah. Bersihkan pintu baja dari bawah ke atas dan gosok seluruh permukaan pintu secara merata serta menyeluruh. 

Bilas pintu 

Setelah itu, bilas pintu baja secara menyeluruh dengan air bersih, baik dengan spons baru maupun menggunakan semprotan air. 

Baca juga: Atasi Engsel Pintu Berderit dengan Sabun Mandi hingga Minyak Zaitun 

Gunakan pemutih

Jika oda dan kotoran masih melekat, encerkan satu cangkir pemutih dalam 10 liter air, lalu tambahkan satu cangkir sabun pencuci piring lembut.

Oleskan dan gosok permukaan pintu secara menyeluruh, kemudian cuci dan bilas pintu seperti sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com