Kompas.com - 21/01/2022, 07:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan furnitur mungkin merupakan keputusan desain yang sulit, tetapi penting untuk kenyamanan dan fungsionalitas sebuah ruangan.

Kebanyakan individu memiliki satu atau dua ide tentang bagaimana mengatur furnitur di dalam sebuah ruangan. 

Baca juga: 5 Material Furnitur Outdoor yang Awet meski Terkena Panas dan Hujan

Seseorang terkadang dapat menemukan beberapa kemungkinan penataan furnitur untuk ruangan dengan usaha dan kreativitas ekstra.

Skenario yang sering terjadi ini akan menjelaskan dasar-dasar penataan furnitur sehingga mudah untuk memanfaatkan setiap ruang yang tersedia.

Melansir dari Roohome, Jumat (21/1/2022), berikut beberapa ide menata furnitur di dalam ruangan, baik ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, maupun ruang makan

Baca juga: Tips dalam Membeli Furnitur Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan 

Menempatkan furnitur ruang tamu 

Ilustrasi ruang keluargaUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang keluarga
Dalam hal mengatur furnitur di suatu ruang, memiliki titik fokus seperti perapian membuatnya lebih mudah. Titik awal Anda adalah perapian dan semua furnitur akan diatur di sekitarnya.

Jika tidak ada titik fokus di dalam ruangan, mulailah dengan berdiri di ambang pintu. Lihatlah ke seberang ruangan untuk dinding terpanjang, yang kemungkinan besar akan menjadi dinding ideal untuk memposisikan sofa dan mulailah mengatur furnitur di sekitarnya.

Cari dinding berjendela terpanjang di ruangan dan sandaran sofa di atasnya, lalu atur furnitur dari sana jika properti memiliki konsep terbuka dengan beberapa dinding panjang. Ini tampaknya lebih ramah serta menyenangkan. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Furnitur untuk Apartemen Kecil  

Menata furnitur kamar tidur

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur
Anda perlu berbagi kamar tidur kecil dengan furnitur besar. Untuk tempat duduk tambahan yang nyaman di kamar tidur, letakkan bangku di kaki tempat tidur atau kursi kecil di sudut ruangan.

Pertimbangkan meletakkan kursi di sebelah meja samping tempat tidur yang dapat digunakan bersama oleh kursi dan tempat tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Roohome
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.