Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pintu Sidik Jari, dari Cara Bekerja hingga Manfaatnya

Kompas.com - 05/01/2022, 14:04 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keamanan selalu menjadi perhatian dan faktor penting yang harus dimiliki setiap rumah. Umumnya, ada dua tipe pintu rumah, yakni manual dan digital. 

Kemajuan teknologi membuat banyak pemilik rumah kini memilih menggunakan pintu bersistem digital. Ada berbagai macam pintu dengan sistem digital yang dapat dipilih, salah satunya pintu sidik jari

Baca juga: Pintu Kamar Tidur Sebaiknya Ditutup pada Malam Hari, Ini Alasannya

Mengutip dari My Decorative, Rabu (5/1/2022), pintu jenis ini adalah cara bagus menjaga keamanan rumah karena diprogram untuk mengenali sidik jari tertentu untuk mengunci dan membuka pintu. 

Seperti diketahui, setiap orang memiliki sidik jari yang unik. Jadi, tidak ada yang dapat menggunakan sidik jari orang lain untuk mengakses rumah Anda, kecuali jika mereka telah terdaftar dalam sistem. 

Baca juga: 7 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Pintu Interior

Bagaimana pintu sidik jari bekerja?

Sebelum menginstal atau menerapkan jenis pintu ini di rumah, Anda harus memahami cara kerjanya terlebih dulu. 

Pertama, Anda perlu meletakkan jari di pemindai untuk memindai sidik jari dan mengubahnya menjadi data numerik. Setelah data disimpan, kunci pintu akan mengenali sidik jari Anda setiap kali Anda meletakkan sidik jari pada pemindai.

Ini dikenal sebagai penggunaan biometrik untuk mendapatkan akses. Hal baiknya adalah jika sistem tidak mengenali sidik jari, akses tidak akan diberikan. 

Baca juga: Panduan Perawatan Kunci Pintu Agar Awet dan Bebas Macet

Manfaat pintu sidik jari 

Sebagian besar orang pernah mengalami tidak bisa masuk ke rumah mereka, entah itu karena kunci yang tertinggal, hilang, atau kunci patah saat membuka pintu. Akibatnya, terpaksa memanggil tukang kunci darurat untuk mendapatkan kembali akses.

Namun, dengan pintu sidik jari, hal ini tidak pernah terjadi karena Anda akan selalu membawa jari ke mana pun. Berikut ini manfaat lainnya menggunakan pintu sidik jari.

  • Pintu sidik jari lebih terjangkau dibanding jenis sistem keamanan tinggi lainnya.
  • Pintu sidik jari nyaman digunakan karena yang dibutuhkan hanyalah memindai sidik jari Anda.
  • Pintu sidik jari dapat digunakan untuk waktu lama karena sidik jari tetap sama.
  • Pintu sidik jari lebih nyaman dan aman karena tidak perlu khawatir kehilangan kunci serta orang lain masuk ke rumah.
  • Pintu sidik jari tidak mudah mengubahnya atau memalsukan sidik jari sehingga rumah akan aman. 

Baca juga: 5 Tips Mendekor Pintu Rumah untuk Natal yang Meriah dan Hangat

Cara memilih pintu sidik jari 

Sama dengan kunci pintu lainnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memasang pintu sidik jari. Anda tentu menginginkan sistem penguncian yang efektif untuk melindungi rumah. Berikut ini cara memilih pintu sidik jari yang terbaik. 

  • Pertimbangkan false rejection rate (FRR) atau tingkat penolakan palsu. Semakin rendah tingkat FRR, semakin aman rumah Anda.
  • Apakah pintu sidik jari memiliki slot kunci mekanis atau keypad. Hal terbaik tentang pintu sidik jari dengan fitur ini adalah Anda dapat mengaksesnya, bahkan ketika jari Anda tidak berfungsi karena mengalami goresan berat karena kecelakaan.
  • Berapa banyak sidik jari yang dapat disimpan sistem juga penting dipertimbangkan dan itu tergantung pada jumlah orang yang ingin diberi akses ke rumah Anda.
  • Pertimbangkan bagaimana mekanisme penguncian pintu diaktifkan.
  • Bahan kunci pintu juga penting untuk diperhatikan. Aluminium adalah material yang sangat direkomendasikan karena memiliki daya tahan. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com