Kompas.com - 05/01/2022, 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing yang buang kotoran secara teratur di kotak pasir atau litter box tentu membuat setiap pemiliknya merasa senang.

Namun, pada saat membuang kotoran di kotak pasir, situasi ini bisa dimanfaatkan kucing untuk menggaruk-garuk pasir secara berlebihan.

Jika kamu menemukan dirimu dalam situasi ini dan sedang mencari beberapa jawaban, baca artikel ini hingga selesai.

Baca juga: Mengapa Kucing Membutuhkan Kotak Pasir? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Hepper, Rabu (5/1/2022), berikut ini adalah ragam alasan mengenai kucing menggaruk kotak pasirnya secara berlebihan.

Ilustrasi kotak pasir kucing. SHUTTERSTOCK/GUAJILLO STUDIO Ilustrasi kotak pasir kucing.
Masalah perilaku

Ada dua kemungkinan masalah perilaku yang terkait dengan penggalian dan penggarukan kotak pasir yang berlebihan, berikut di antaranya:

Bermain

Ini menjadi alasan yang layak jika kucingmu masih cukup muda. Anak kucing kerap kali merasa penasaran dan sering mencari kesenangan dalam segala hal yang mereka lakukan.

Sayangnya, bermain dengan kotak pasir bisa jadi salah satunya. Setelah selesai buang air, anak kucing mungkin terjebak dalam kegembiraan untuk mengubur (atau membongkar) kotorannya.

Stres atau kecemasan

Baca juga: Awas, Kucing Bisa Tidur di Kotak Pasir Kotoran, Ini 3 Penyebabnya

Stres atau kecemasan yang dialami kucing biasanya diekspresikan melalui berbagai perilaku aneh, salah satunya menggaruk kotak pasir secara berlebihan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hepper
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.