Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 20:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Celana jeans menjadi item fashion yang sering digunakan banyak orang karena tidak ketinggalan zaman. Tak heran, membuat celana jeans cepat memudar serta melar.

Melansir dari Good Housekeeping, Kamis (20/1/2022), celana jeans berkualitas dapat bertahan satu dekade jika mencuci dan merawatnya dengan benar.

Berikut cara tepat mencuci celana jeans agar tidak cepat memudar dan tetap bagus selama bertahun-tahun mendatang. 

Baca juga: Lebih Awet, Ini 5 Cara Membersihkan Celana Jeans Tanpa Mesin Cuci 

Gunakan detergen yang tepat

Ilustrasi deterjen, memasukkan deterjen ke mesin cuci. PEXELS/RODNAE PRODUCTIONS Ilustrasi deterjen, memasukkan deterjen ke mesin cuci.
Saat mencuci celana jeans berwarna gelap, gunakan detergan yang dirancang untuk digunakan pada pakaian berwarna.

Sebab, detergen lain dilengkapi dengan bahan kimia yang disebut pencerah optik dapat menyebabkan cucian berwarna memudar lebih cepat. 

Balikkan celan jeans bagian dalam sebelum dicuci

Ini mungkin salah satu tips paling terkenal untuk mencuci celana jeans. Membalikkan jeans membantu mencegah pewarna mengalir saat dicuci dan mencegahnya memudar di bawah sinar matahari jika Anda akan mengeringkannya secara alami di luar ruangan

Baca juga: Trik Mencuci Celana Jeans Tetap Terawat dan Segar 

Rendam menggunakan air hangat dan garam saat pertama kali 

Jika sangat khawatir warna jeans akan memudar saat pertama kali mencucinya, ahli binatu di Good Housekeeping menyarankan merendam jeans baru dalam air hangat yang telah ditambahkan garam sebelum mencucinya.

Ini akan membantu mengatur pewarna. Selalu cuci dengan warna gelap serupa lainnya untuk berjaga-jaga jika warnanya luntur. 

Jangan menunggu saat siklus pencucian berakhir

Apabila mencuci celana jeans dengan mesin cuci, keluarkan jeans dari tabung segera setelah siklus pencucian berakhir. Ini dapat mencegah kerutan pudar yang mengerikan muncul pada permukaan kain. 

Baca juga: Keliru, Membekukan Jeans ke Dalam Freezer Tidak Bisa Membunuh Bakteri 

Jangan terlalu sering mencucinya 

Celana jeansUnsplash/Emma Mathews Celana jeans
Terlalu sering mencuci celana jeans dapat memperpendek usia penggunaan dan memudarkan warnanya dengan cepat. Untuk itu, tahan godaan untuk mencuci celana jeans secara berlebihan. 

Lakukan pengeringan dengan mudah

Seiring waktu, pengeringan dapat merusak serat lycra (juga disebut elastane) yang membuat celana jeans yang stretch menjadi elastis atau melar. Karena itu, disarankan mengeringkan celana jeans secara alami.  

Baca juga: Kerap Jadi Perdebatan, Ini Cara Terbaik Mencuci Jeans agar Tetap Awet

Cuci dengan tangan 

Berhati-hati jika Anda memiliki celana jeans yang dihiasi manik-manik, kancing, atau kristal. Sebaiknya, mencucinya dengan tangan agar hiasan tidak terlepas di mesin cuci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com