Kompas.com - 20/01/2022, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih, membeli, dan memasang meja dapur di rumah.

Mulai dari, tampilannya, ketahanan terhadap noda, lama penggunaan, hingga material pembuat meja dapur itu sendiri.

Baca juga: Tips Aman Membersihkan Meja Granit agar Tahan Lama

Meja dapur datang dalam berbagai material dengan masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Lantas, mana material terbaik untuk meja dapur?

Berikut tiga material meja dapur yang tahan lama menurut para desainer interior dikutip dari My Domaine, Kamis (20/1/2022).

Kuarsa

Desainer interior, Nina Freudenberger dan Jennifer Vaquero, mengungkapkan, meja dapur berbahan kuarsa memiliki pro dan kontranya. 

Kuarsa bagus untuk utilitas, sangat tahan lama, dan tahan terhadap noda. Namun, mereka adalah material rekayasa karena buatan manusia serta tidak semua kuarsa dibuat sama.

Beberapa ada yang terlihat sangat mirip dengan batu alam, tapi ada sebagian yang terlihat seperti cetakan. Kesimpulannya, meja kuarsa tahan noda dan pemakaiannya cukup lama meski bahannya dibuat manusia. 

Baca juga: 5 Material Meja Countertops Terbaik Menurut Para Ahli

Soapstone

Vaquero mengatakan dia senang dengan tekstur dan rasa dari meja soapstone. Adapun dua elemen ini hadir karena talek (mineral tanah liat) alami yang berada pada batu tersebut.

Soapstone sangat tahan lama serta tahan terhadap noda dan panas,” ujar dia.

Meski demikian, material ini dapat menjadi gelap dari waktu ke waktu.

Baca juga: Jangan Asal, Ikuti Ini Tips Memilih Warna Meja Dapur yang Tepat

Kuarsit

Meski memiliki nama yang sama, kuarsit beda dengan kuarsa. Kuarsit adalah material batu alami yang bisa menjadi alternatif marmer.

Namun, jika dibanding marmer, kuarsit lebih tahan lama dan tidak mudah keropos. Dengan demikian, kuarsit lebih tahan noda juga goresan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber My Domaine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.