Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Material Meja Dapur yang Tahan Lama Menurut Ahli

Kompas.com - 20/01/2022, 20:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih, membeli, dan memasang meja dapur di rumah.

Mulai dari, tampilannya, ketahanan terhadap noda, lama penggunaan, hingga material pembuat meja dapur itu sendiri.

Baca juga: Tips Aman Membersihkan Meja Granit agar Tahan Lama

Meja dapur datang dalam berbagai material dengan masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Lantas, mana material terbaik untuk meja dapur?

Berikut tiga material meja dapur yang tahan lama menurut para desainer interior dikutip dari My Domaine, Kamis (20/1/2022).

Kuarsa

Desainer interior, Nina Freudenberger dan Jennifer Vaquero, mengungkapkan, meja dapur berbahan kuarsa memiliki pro dan kontranya. 

Kuarsa bagus untuk utilitas, sangat tahan lama, dan tahan terhadap noda. Namun, mereka adalah material rekayasa karena buatan manusia serta tidak semua kuarsa dibuat sama.

Beberapa ada yang terlihat sangat mirip dengan batu alam, tapi ada sebagian yang terlihat seperti cetakan. Kesimpulannya, meja kuarsa tahan noda dan pemakaiannya cukup lama meski bahannya dibuat manusia. 

Baca juga: 5 Material Meja Countertops Terbaik Menurut Para Ahli

Soapstone

Vaquero mengatakan dia senang dengan tekstur dan rasa dari meja soapstone. Adapun dua elemen ini hadir karena talek (mineral tanah liat) alami yang berada pada batu tersebut.

Soapstone sangat tahan lama serta tahan terhadap noda dan panas,” ujar dia.

Meski demikian, material ini dapat menjadi gelap dari waktu ke waktu.

Baca juga: Jangan Asal, Ikuti Ini Tips Memilih Warna Meja Dapur yang Tepat

Kuarsit

Meski memiliki nama yang sama, kuarsit beda dengan kuarsa. Kuarsit adalah material batu alami yang bisa menjadi alternatif marmer.

Namun, jika dibanding marmer, kuarsit lebih tahan lama dan tidak mudah keropos. Dengan demikian, kuarsit lebih tahan noda juga goresan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com