Kompas.com - 20/01/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Segala cara tentu akan dilakukan untuk membuat rumah terasa lebih nyaman, seperti menambahkan sofa empuk pada beberapa ruangan.

Cara lain yang kerap dilakukan adalah mengecat ruangan berdasarkan nuansa yang ingin ditampilkan atau meletakkan meja kopi di ruang tamu untuk memudahkan menaruh barang-barang kecil.

Baca juga: 5 Tanda Mendekorasi Rumah Secara Berlebihan

Namun, hati-hati saat sedang mendekorasi, merenovasi, atau mengatur ulang furnitur, terlebih jika rumah berukuran kecil.

Sebab, melansir Livspace, Kamis (20/1/2022), berikut beberapa cara dekorasi yang dapat membuat rumah terlihat semakin kecil. 

Furnitur terlalu besar

Ilustrasi ruang tamu dengan sofa cokelat. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu dengan sofa cokelat.

Ada beberapa rumah yang memiliki furnitur besar. Umumnya, furnitur tersebut merupakan turunan dari beberapa generasi sebelumnya.

Meski menyimpan kenangan tersendiri, menggunakan furnitur besar dapat membuat rumah terlihat lebih kecil.

Cobalah ganti dengan furnitur berukuran ramping dan atur agar semua furnitur di dalam ruangan berbentuk linier tanpa sudut-sudut yang menonjol keluar.

Baca juga: Antisipasi Keadaan Darurat, Ini Perkakas Rumah yang Wajib Dimiliki

Kurang cahaya

Ruangan yang kurang cahaya atau terlalu gelap dapat terlihat lebih kecil dari ukuran aslinya. Jika memiliki jendela besar, ruangan masih dapat keuntungan dibanding ruangan tanpa jendela.

Untuk mengatasinya, memasukkan pancaran sinar matahari dapat menjadi opsi terbaik. Namun, alternatif bagi ruangan tanpa jendela adalah menambah pencahayaan dari lampu gantung, lampu plafon, lampu meja, dan sebagainya.

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Tips Mengatur Keuangan agar Tak Kebobolan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Livspace
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.