Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2022, 10:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan kucing senang berada di tempat yang tinggi. Baik itu rak yang tinggi, tempat bertengger di jendela, atau bagian atas kulkas, kucing mungkin merasa lebih nyaman di bagian atas ruangan tempat ia dapat mengawasi dunia di sekitar dan di bawahnya dengan lebih percaya diri.

Seperti yang dilansir dari Pet Assure, Selsa (18/1/2022), naluri memainkan peran besar dalam menentukan perilaku kucing ini.

Kucing adalah mamalia pemanjat pohon yang diturunkan dari Proailurus, kucing sejati pertama. Kucing awal adalah pemburu dan banyak dari mereka tinggal di hutan hujan.

Baca juga: 5 Benda yang Perlu Dijauhkan dari Kucing Peliharaan di Rumah

Ilustrasi kucing melompat. PIXABAY/RYAN MCGUIRE Ilustrasi kucing melompat.

Cakar kucing memungkinkan mereka untuk memanjat dengan terampil, melarikan diri ke pohon untuk keselamatan atau memanjat tinggi untuk berbaring menunggu mangsa.

Dengan kata lain, memanjat dan melompat memiliki nilai kelangsungan hidup dan menjadi cara hidup kucing.

Kucing memanjat untuk keamanan dan hanya untuk bersenang-senang. Mereka akan berlari ke atas dan ke bawah pohon, atau tirai Anda dengan keterampilan yang sama yang digunakan nenek moyang mereka di hutan.

Sistem muskuloskeletal kucing yang fleksibel memberi mereka koordinasi dan keseimbangan yang luar biasa dan memungkinkan mereka untuk melompat tinggi.

Baca juga: Ragam Ciri-ciri Kucing Mengalami Sakit Gigi

Bagian tubuh yang mendukung

Otot yang kuat di bagian belakang dan punggung memungkinkan kucing untuk melompat beberapa kali dari panjangnya sendiri, baik secara horizontal maupun vertikal.

Cakar kucing sama pentingnya bagi mereka untuk penahan dan pengungkit seperti halnya besi bergulat dan crampon bagi pemanjat tebing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com