Kompas.com - 18/01/2022, 09:04 WIB
Ilustrasi gelas kaca. FREEPIK/DIANA.GRYTSKUIlustrasi gelas kaca.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan peralatan masak dan peralatan makan bukan hal yang harus sekali saja dilakukan. Anda perlu selalu menjamin kebersihan peralatan masak dan peralatan maka Anda.

Dilansir dari Taste of Home, Selasa (17/1/2022), salah satu permasalahan kebersihan yang kerap muncul adalah lapisan putih pada gelas kaca. Jika ini terjadi pada gelas kaca yang Anda miliki, jangan menganggap remeh.

Lapisan putih itu kemungkinan berasal dari langkah sebelum membilas gelas kaca yang sebelumnya di bersihkan dengan sabun cuci piring atau langkah saat memasukkan gelas kaca ke mesin pencuci piring.

Baca juga: Gelas Bau Tak Sedap Setelah Dicuci? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi gelas kaca. PEXELS/ENGIN AKYURT Ilustrasi gelas kaca.

Lapisan putih mengganggu yang menempel di gelas kaca bisa jadi karena tangan Anda terlalu kotor sebelum memasukkan ke mesin pencuci piring. Atau, Anda bisa jadi tidak membilas sabun dengan cermat.

Menurut perusahaan peralatan Warners’ Stellian, banyak sabun cuci piring di pasaran mengandung fosfat, yang tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa sedikit kotoran makanan.

Kotoran atau sisa makanan membutuhkan zat untuk dibersihkan, dan jika Anda sudah mencuci sisa makanan di wastafel dapur, fosfat ini hanya akan berakhir di gelas kaca.

Lapisan putih juga bisa menjadi tanda air keras alias air sadah atau terlalu banyak menggunakan sabun cuci piring.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Gelas Kaca

Akan tetapi, cobalah untuk menghentikan pra-pembilasan terlebih dahulu. Ini akan menghemat beberapa pekerjaan manual dan membuat gelas kaca kembali berkilau jika pembilasan berlebihan adalah penyebabnya.

Untuk membersihkan lapisan putih pada gelas kaca, ambil cuka putih dan gunakan secukupnya untuk membersihkan gelas kaca. Anda tidak perlu menggunakan sabun cuci piring untuk melakukan ini.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.