Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Tanaman Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Kompas.com - 05/01/2022, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasukkan tanaman hias yang tepat ke ruangan dapat membawa keindahan dan ketenangan serta meningkatkan kualitas udara di rumah.

Tak hanya itu, tanaman hias juga dapat menyegarkan ruangan dan meningkatkan produktivitas serta suasana hati. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Diberi Bubuk Kopi untuk Tumbuh Subur

Namun, ketika memasukkan tanaman ke ruangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti jenis tanaman dan ruangan yang hendak diisi tanaman tersebut. Sebab, setiap ruangan membutuhkan jenis tanaman hias yang berbeda. 

Melansir dari Bobvila, Rabu (5/1/2022), berikut jenis tanaman terbaik untuk setiap ruangan di rumah. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Mudah Dirawat dan Sulit Layu 

Lavender Prancis di kamar tidur

Ilustrasi lavenderUnsplash/Larisa Birta Ilustrasi lavender
Aroma lavender telah lama dikenal untuk meningkatkan ketenangan sehingga cocok untuk diletakkan di kamar tidur.

Namun, dari semua varietas, lavender Prancis paling cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Taruh saja di jendela yang cerah, sirami secara teratur, serta biarkan satu atau dua inci bagian atas tanah mengering di antaranya. 

Peace lily di ruang tamu

Peace lily telah lama populer karena penampilannya yang mencolok dan perawatannya yang mudah.

Tanaman hias cantik ini mampu beradaptasi dengan baik untuk situasi cahaya rendah, tetapi akan berbunga hampir tanpa henti jika diberi lebih banyak cahaya.

Daun hijau mengkilap dan tegak membuat peace lily ideal untuk ditempatkan di ruang tamu seperti di meja konsol, di samping kursi, atau dekat jendela. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor yang Akan Populer pada 2022 

Lidah mertua untuk ruang kerja 

Lidah mertua juga termasuk pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini sangat cocok untuk kamar tidur.PEXELS/CHARLOTTE MAY Lidah mertua juga termasuk pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan. Tanaman ini sangat cocok untuk kamar tidur.
Sebuah studi pada 2011 yang dimuat dalam Journal of Environmental Psychology menunjukkan bahwa tanaman hias di ruang kerja dapat mencegah kelelahan dan meningkatkan rentang perhatian.

Sebagai pilihan, Anda bisa memilih tanaman lidah mertua. Ini adalah titik fokus yang ideal atau layar yang sangat baik untuk secara visual menghalangi hiruk-pikuk rumah tangga. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berduri yang Dapat Mempercantik Teras Rumah

Tanaman bambu di ruang makan

Lucky bamboo atau bambu keberuntungan adalah tanaman hias mencolok yang tidak mudah dirawat. Tanaman bambu ini hidup bahagia di sebagian besar kondisi cahaya serta tumbuh tidak lebih dari kerikil dan air suling.

Tersedia dalam jenis lurus atau bengkok, tanaman bambu membawa keanggunan ke ruangan mana pun tanpa kekacauan. Pajang tanaman bambu di meja prasmanan atau stan tanaman, bahkan bisa digunakan sebagai hiasan di meja ruang makan. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok untuk Kepribadianmu 

Pakis di kamar mandi

Ilustrasi pakis Bostonshutterstock Ilustrasi pakis Boston
Cahaya rendah dan kelembapan tinggi membuat sebagian besar kamar mandi menjadi lingkungan yang ramah untuk tanaman tropis.

Di alam, pakis tumbuh dalam cahaya yang disaring di bawah kanopi hutan tropis—kondisi cahaya yang tidak berbeda dengan kamar mandi. Letakkan pakis di sudut kamar mandi yang terabaikan untuk dekorasi yang rimbun dan minim perawatan.

Tanaman herbal di dapur

Tidak ada tanaman yang lebih baik untuk dapur selain yang dapat membantu memasak. Ada banyak tanaman herbal yang dapat dinikmati di dalam ruangan sepanjang tahun.

Jika memiliki jendela dapur yang cerah, rosemary adalah pilihan yang sangat baik. Anda bisa memangkasnya satu atau dua tangkai saat membutuhkannya. Namun, jangan lupa memangkasnya untuk mempertahankan bentuknya. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Dekorasi Kamar Mandi

Lidah buaya di ruang berjemur 

Ilustrasi tanaman lidah buaya di dalam pot.SHUTTERSTOCK/FOTYMA Ilustrasi tanaman lidah buaya di dalam pot.
Ruang berjemur adalah tempat sempurna untuk banyak tanaman hias. Namun, jangan lewatkan kesempatan menanam lidah buaya jika memiliki ruang berjemur dengan cahaya berlimpah.

Lidah buaya tumbuh dengan baik di ambang jendela yang cerah. Tanaman ini tidak hanya memurnikan udara, tetapi juga dapat membantu menyembuhkan sengatan matahari yang parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com