Kompas.com - 03/01/2022, 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk tumbuh subur, tanaman harus diberi pupuk. Banyak jenis pupuk yang dapat dipilih, termasuk pupuk dari bahan dapur seperti bubuk kopi.

Melansir dari Balcony Garden Web, Senin (3/1/2022), bubuk kopi sangat bagus untuk tanaman yang menyukai nitrogen

Baca juga: Air dan Bubuk Kopi Bisa Suburkan Tanaman? Ini Penjelasannya

Menggunakan bubuk kopi pada media tanaman bisa membantu mengurangi penyakit dan hama pada tanaman sekaligus meningkatkan retensi air. 

Bubuk kopi merupakan sumber nitrogen yang baik, mendorong pertumbuhan mikroorganisme menguntungkan di dalam tanah, dan membantu tanaman yang menyukai media tanam asam.

Untuk memanfaatkan bubuk kopi sangat mudah. Caranya, gunakan sisa bubuk kopi tanpa gula yang sudah diseduh, lalu siram pada tanaman. 

Baca juga: Tak Perlu Pot, Tanaman Herbal Bisa Ditanam di Cangkir Kopi dan Teh

Gunakan satu cangkir bubuk kopi per minggu untuk tanaman seperti impatiens, anggrek, dieffenbachia, dan violet Afrika guna membantunya tumbuh dengan baik.

Bubuk kopi juga dapat digunakan sebagai bahan organik. Campurkan satu bagian bubuk kopi dengan tiga bagian tanah kebun atau campuran pot.  

Nah, berikut ini beberapa tanaman hias yang bisa diberi pupuk kopi. 

Baca juga: 4 Bahan yang Dapat Menghilangkan Noda Air pada Meja Kopi 

Kaktus natal

Rawat tanaman kaktus Natal dua kali seminggu dengan air kopi. Selain itu, kombinasikan dengan cahaya yang cukup untuk membantu tanaman berkembang dan pembungaan. 

 

Philodendron

Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum atau Philodendron Black Gold.SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum atau Philodendron Black Gold.
Tanaman hias yang indah ini menawarkan berbagai varietas untuk tumbuh di dalam ruangan. Tambahkan bubuk kopi ke dalam campuran pot atau taburkan larutan kopi dan air untuk pertumbuhan yang subur. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.