Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pilihan Desain yang Membuat Rumah Lebih Mudah Dirapikan

Kompas.com - 03/01/2022, 14:56 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mendesain dan mendekorasi rumah, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari, letak sofa, warna dinding, karpet, posisi wastafel yang sesuai dengan tinggi badan, hingga tempat penyimpanan peralatan masak.

Baca juga: Rekomendasi Warna Tirai untuk Dinding Berwarna Krem

Kendati demikian, ada hal lain yang juga perlu dipertimbangkan saat mendesain dan mendekorasi rumah, yakni rutinitas membersihkan rumah.

Melansir dari Real Simple, Senin (3/1/2022), desain dan dekorasi rumah ternyata dapat membuat kegiatan merapikan rumah lebih mudah dan cepat. Berikut desain rumah yang  mudah dirapikan. 

Baca juga: Kap Lampu Kotor? Ini Langkah Tepat Membersihkannya

Furnitur berkaki tinggi

Ilustrasi furnitur kayu. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi furnitur kayu.
Saat hendak membeli beragam furnitur, termasuk sofa, carilah yang memiliki kaki tinggi atau tidak menempel pada lantai.

Bahkan, untuk lemari kabinet, sebaiknya pilih yang menempel pada dinding. Dengan begitu, kamu dapat lebih menyedot debu dari bawah furnitur dengan mudah. 
Baca juga: 6 Bahan Ramah Lingkungan yang Bisa Membersihkan Rumah

Cat dinding yang tepat

Pemilihan cat dinding dapat disesuaikan dengan situasi yang sedang berlangsung seperti apakah rumah memiliki anak kecil atau tidak.

Sebab, anak-anak kerap meninggalkan noda sidik jari yang kotor dan bekas krayon pada dinding. Untuk itu, hindari cat dengan hasil akhir matte.

Kamu bisa gunakan cat dengan hasil akhir mengkilap agar ruangan tetap terlihat indah serta mudah membersihkannya. 

Baca juga: Ingin Mengecat Plafon Sama dengan Warna Dinding? Perhatikan 6 Hal Ini

Pertimbangkan tipe kain sofa

Ilustrasi sofaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi sofa
Tipe kain pelapis (upholstery) sofa mempengaruhi kemudahan dalam membersihkan rumah. Misalnya, sofa kulit mudah dibersihkan.

Apabila ingin sofa kain, carilah yang dilengkapi dengan perawatan anti-noda atau mikrofiber yang tahan noda. Alternatifnya, pilih sofa berpenutup agar bisa dilepas dan dicuci kapan saja.

Untuk warna, pertimbangkan warna gelap supaya lebih mudah  menyembunyikan noda. Meski demikian, warna gelap kurang cocok jika kamu memiliki hewan peliharaan berbulu putih.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Mainan Anak

Tinggalkan rak terbuka

Rak bergaya elegan terlihat lebih menarik, tapi membutuhkan lebih banyak penyedotan debu. Untuk membuat kegiatan bersih-bersih lebih cepat, pilih rak dengan penutup kaca agar kamu bisa tetap memamerkan koleksi sekaligus menjaganya dari debu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com