Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Memilih Lantai Dapur Terbaik, dari Anggaran sampai Lokasi Rumah

Kompas.com - 20/12/2021, 13:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendesain dapur, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah memilih lantai yang tepat.

Ini adalah bagian integral dari desain yang dapat membuat dapur terlihat menarik serta mewah. Sebaliknya, bila salah memilih lantai, hal ini bisa menghancurkan dapur. 

Baca juga: 6 Tips Feng Shui Dapur untuk Menciptakan Kemakmuran

Memilih lantai yang tepat untuk dapur bisa menjadi proses yang melelahkan. Ada begitu banyak pilihan lantai dapur di luar sana. Pastikan memilih salah satu jenis lantai yang tidak hanya menarik, tapi juga bertahan lama.

Namun, bagaimana mengetahui lantai dapur terbaik?

Melansir dari Roohome, Senin (20/12/2021), berikut tujuh tips memilih lantai dapur terbaik. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Permukaan Lantai Kayu 

Pertimbangkan gaya hidup

Ilustrasi dapur putih dengan lantai marmerUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur putih dengan lantai marmer
Saat memilih lantai dapur, hal pertama harus mempertimbangkan gaya hidup yang dijalani. Jika Anda tipe orang yang tinggal di rumah, pilih lantai yang bisa bertahan lama.

Namun, jika memiliki anak-anak dan hewan peliharaan yang berkeliaran sepanjang hari, pilih lantai berkualitas tinggi.

Beberapa orang mungkin ingin memancarkan pesona dapur kuno, sementara yang lain menginginkan tampilan sederhana dan modern. Untuk itu, mempertimbangkan gaya hidup Anda sebelum memilih lantai dapur. 

Baca juga: 5 Tata Letak yang Dapat Diadaptasi di Semua Jenis Dapur 

Pertimbangkan berapa banyak paparan air

Air adalah hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lantai dapur terbaik. Jika dapur tidak hanya digunakan untuk memasak dan banyak terkena paparan air, sebaiknya pilih lantai yang tahan air.

Pertimbangkan lokasi rumah 

Lokasi rumah juga penting dipertimbangkan ketika memilih lantai dapur terbaik. Jika tinggal di iklim yang lebih dingin, Anda pasti ingin memilih lantai yang tahan terhadap cuaca dingin.

Lantai kayu keras dan laminasi adalah dua pilihan terbaik untuk suhu yang lebih dingin. Namun, jika tinggal pada iklim yang lebih hangat, pilih lantai yang tahan terhadap kelembapan. Ubin dan vinil keduanya merupakan pilihan bagus untuk suhu yang lebih hangat. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Lantai yang Cocok untuk Rumah 

Pertimbangkan anggaran

Anggaran juga menjadi salah satu faktor terpenting untuk dipertimbangkan ketika memilih lantai dapur. Pastikan memilih lantai yang sesuai anggaran agar proses merenovasi dapur tidak tersendat di tengah jalan.

Ada berbagai pilihan lantai yang tersedia, jadi Anda pasti menemukan satu yang memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan anggaran. 

Baca juga: 6 Langkah Mudah Menata Dapur agar Rapi dan Sedap Dipandang

 

Pikirkan daya tahan lantai

Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modernUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi dapur rumah bergaya pertanian modern
Saat memilih lantai dapur, perlu juga mempertimbangkan seberapa tahan lama lantai tersebut. Tentu Anda tidak ingin mengganti lantai setiap beberapa tahun.

Pilihan lantai yang paling tahan lama adalah ubin dan kayu keras dengan perawatan minimal.

Kemudahan membersihkan lantai 

Salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lantai dapur adalah seberapa mudah lantai dibersihkan.

Anda tidak ingin menghabiskan berjam-jam setiap minggu untuk membersihkan lantai dapur. Penting untuk memilih lantai yang mudah dipel dan dirawat. 

Baca juga: Lantai Vinyl Berubah Warna? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya 

Pilih warna atau pola yang sesuai dengan desain dapur 

Desain adalah faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lantai dapur terbaik. Jika memiliki dapur bergaya country, pilihlah lantai dengan tampilan rustic.

Namun, pilih lantai yang ramping dan kontemporer jika Anda memiliki dapur modern. Ini akan membantu menyatukan tampilan dapur sehingga lebih kohesif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com