Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengatasi Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi yang Berbau

Kompas.com - 15/12/2021, 22:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai area paling lembap di rumah, kamar mandi harus dibersihkan secara teratur.

Namun, ada beberapa bagian di kamar mandi yang terkadang luput dari perhatian, salah satunya saluran air kamar mandi

Baca juga: 6 Trik Desain Membuat Kamar Mandi Sempit Tampak Luas

Saluran pembuangan air kamar mandi kerap terabaikan untuk dibersihkan. Tak jarang, membuatnya tersumbat dan mengeluarkan bau

Dilansir dari Real Simple, Rabu (15/12/2021), saluran air kamar mandi yang tersumbat dapat mengganggu, apalagi jika sering terjadi.

Masalah ini tidak bisa hilang dengan sendirinya dan harus segera ditangani. Untungnya, sebagian besar masalah bau serta saluran air air yang tersumbat mudah ditangani. 

Namun, yang menjadi pertanyaan mengapa saluran air kamar mandi bisa berbau?

Ada beberapa penyebab saluran air kamar mandi berbau, tapi hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu apa yang ada di balik bau saluran air kamar mandi. 

Baca juga: Cara Aman Hilangkan Jamur dari Plafon Kamar Mandi 

Periksa saluran pembuangan air

Pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui jenis bau yang dikeluarkan saluran air kamar mandi. Jika baunya apak, artinya jamur yang tumbuh di bawah penutup saluran pembuangan air.

Coba periksa penutup saluran pembuangan air untuk melihat apakah sudah longgar atau belum. Jika penutup saluran pembuangan air tidak tertutup sempurna, ruang basah kecil itu akan menjadi tempat berkembang biaknya jamur.  

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Noda hingga Bau Kamar Mandi

Bersihkan area di sekitar saluran pembuangan air

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/SCREEN POST Ilustrasi kamar mandi
Meski dapat membersihkan menggunakan produk pembersih kimia, Anda dapat memakai bahan-bahan yang ada di dapur untuk mengatasi masalah jamur. 

Tuangkan setengah cangkir pemutih ke saluran pembuangan dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian, rebus empat gelas air dan tuangkan setengahnya ke saluran air.

Baca juga: 4 Tips Mendekorasi Kamar Mandi dengan Warna-warna Mencolok

Apabila memiliki pipa PVC (plastik), perlu berhati-hati menyiramnya karena air mendidih dapat menyebabkan kerusakan besar. Jadi, pastikan memeriksanya terlebih dahulu. Sebaiknya, menggunakan air panas dari keran saja. 

Setelah itu, taburkan seperempat cangkir baking soda ke saluran air, lalu tambahkan secangkir cuka putih atau pembersih.

Anda akan mendengar suara mendesis dari baking soda dan cuka yang menandakan keduanya tengah bereaksi. Setelah itu, tunggu selama beberapa menit, lalu tuangkan sisa air mendidih (atau panas) ke saluran pembuangan air. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Residu Buih Sabun di Kamar Mandi

Akhiri dengan mengalirkan air panas selama beberapa menit. Ini harus menjaga bau dan sumbernya.

Jika bau dari saluran pembuangan tidak apek, masalahnya bisa jadi buih sabun. Solusi mudahnya adalah cukup membersihkan saluran pembuangan air dengan air mendidih. Jika masalah ini muncul kembali, lakukan metode ini setiap minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com