Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2021, 16:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga seluruh permukaan benda tetap bersih dan higienis adalah kewajiban bagi setiap penghuni rumah mana pun.

Namun, banyaknya benda yang ada di rumah kerap menyulitkan, bahkan terlewatkan untuk membersihkannya. Padahal, benda-benda itu wajib dibersihkan. 

Diansir dari Wisconsin Homemaker, Rabu (24/11/2021), berikut enam benda di rumah yang kerap lupa dibersihkan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Air Sadah Dari Permukaan Benda Bahan Plastik

Mouse 

Ilustrasi mouse laptop atau komputerUnsplash/Antonio Manaligod Ilustrasi mouse laptop atau komputer
Mouse komputer atau laptop menjadi benda yang sering digunakan, terlebih saat bekerja dari rumah atau WFH ini sehingga perlu rutin dibersihkan.

Cara membersihkanny sangat sederhana. Pertama, lepaskan mouse terlebih dulu dari komputer atau laptop. Kemudian, gunakan kain basah atau lap pembersih, lalu usap area mouse yang hanya bersentuhan dengan tangan. 

Setalah itu, pastikan mouse benar-benar kering sebelum menghubungkannya kembali. Selain itu, berhati-hatilah agar cairan atau larutan pembersih tidak masuk ke dalam kompartemen mouse. 

Baca juga: 5 Benda yang Sebaiknya Tidak Diletakkan di Dapur

Pena

Pena adalah surga bagi kuman dan bakteri. Membersihkannya secara teratur dapat memastikan kuman tidak menyebar dari orang ke orang.

Bersihkan pena minimal seminggu sekali. Untuk membersihkannya, lap atau seka permukaan pena dengan kain lap yang sudah diberi disinfektan. Setelah selesai, keringkan dengan handuk bersih. 

Baca juga: 6 Benda yang Wajib Ada di Pintu Masuk Rumah

Pegangan tangga

Ilustrasi cara pencegahan Covid-19. Membersihkan rumah sebagai upaya pencegahan Covid-19, mencegah penularan virus corona.SHUTTERSTOCK/Nitiphonphat Ilustrasi cara pencegahan Covid-19. Membersihkan rumah sebagai upaya pencegahan Covid-19, mencegah penularan virus corona.
Pegangan tangga menjadi salah satu benda kotor di rumah karena sering disentuh banyak tangan sehingga perlu memasukkan ke jadwal pembersihan rumah secara teratur, terutama selama musim hujan dan flu. 

Cara membersihkan pegangang tangga tergantung pada jenis permukaannya. Jika terbuat dari logam, pastikan menggunakan produk yang tidak merusak patina atau permukaan pegangan tangga.

Untuk kayu, kamu bisa membersihkannya dengan lap basah dan sedikit sabun, bahkan sedikit pernis/pembersih furnitur, lalu keringkan dengan lap bersih. 

Baca juga: 4 Barang Rumah Tangga Ini Tak Boleh Dibeli dalam Kondisi Bekas

Bagian dalam pintu kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat paling banyak menampung kuman di rumah sehingga penting membersihkannya secara rutin. 

Ketika membersihkan kamar mandi, jangan lupa membersihkan bagian dalam atau belakang pintu kamar mandi. Secara praktis, menyeka pintu kamar mandi (bagian depan dan belakang) adalah hal higienis serta perlu dilakukan setiap minggu.

Selain itu, kotoran debu dan kuman lain kerap terperangkap pada pintu panel kamar mandi. Untuk membersihkan pintu kamar mandi, gunakan lap basah.

Pastikan mengeringkan fasad pintu agar tidak merusak permukaannya. Pembersihan pintu kamar mandi harus dilakukan setiap kali membersihkan kamar mandi atau setidaknya setiap bulan. 

Baca juga: 4 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Baking Soda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com