Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Benda di Kamar Mandi yang Harus Rutin Dibersihkan

Kompas.com - 13/10/2021, 19:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah lingkungan yang lembap dan area favorit bagi bakteri serta jamur untuk berkembang biak.

Untuk itu, kamar mandi harus rutin dibersihkan demi mencegah kuman dan jamur hidup. Namun, saat membersihkan kamar mandi, ada beberapa barang di kamar mandi yang harus ditambahkan ke jadwal pembersihan Anda.

Bahkan, dengan pembersihan rutin, dapat memperpanjang umur barang tersebut. 

Melansir dari Good Housekeeping, Rabu (13/10/2021), berikut ini beberapa barang di kamar mandi yang harus rutin dibersihkan atau diganti.  

Baca juga: 4 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Dapat Menyebarkan Kuman di Rumah 

Sikat kloset

Sikat kloset sering digunakan untuk membersihkan kloset dan kamar mandi. Tentu saja sikat menjadi kotor dan penuh kuman, terlebih jika sikat jarang dibersihkan setelah digunakan berulang-ulang.

Maka itu, setelah setiap kali digunakan atau setidaknya setiap minggu, isi wadah dengan air sabun panas dan beberapa tetes pemutih. Kemudian rendam sikat agar cairan meresap selama 10 menit.

Setelah itu, gosok sikat di dalam cairan dan buang bekas cairan ke dalam kloset, lalu bilas sikat dengan air bersih dan semprotan disinfektan.

Baca juga: Tips Membersihkan Saluran Kamar Mandi yang Mampet 

Keset kamar mandi

Ilustrasi keset kamar mandi.SHUTTERSTOCK/WIIIN Ilustrasi keset kamar mandi.
Jika keset kamar mandi dapat dicuci dengan mesin cuci, bersihkan sekali seminggu dengan suhu panas yang diizinkan oleh label perawatan dan menggunakan detergen.

Tidak ada aturan keras untuk mengganti keset kamar mandi, terutama jika mencucinya secara teratur. Namun, jika keset kamar mandi tidak dapat dicuci dengan mesin cuci atau dicuci dengan baik pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang mudah dibersihkan setiap minggu. 

Baca juga: Catat, Jangan Simpan 8 Benda Ini di Kamar Mandi 

Sikat gigi

Sikat gigi harus dicuci menyeluruh dengan air panas setelah setiap kali digunakan atau seminggu sekali dan ganti setelah tiga bulan. Namun, Anda bisa menggantinya lebih cepat jika bulunya rusak atau bengkok. 

Bersihkan bulu sikat dengan membiarkan kepala sikat gigi dalam obat kumur selama beberapa menit, tetapi tidak lebih dari 15 menit karena dapat merusak bulu sikat. 

Jika tidak memiliki obat kumur, rendam kepala sikat gigi dalam larutan dua sendok teh bikarbonat soda dan satu cangkir air. 

Baca juga: 6 Tips Dekorasi Kamar Mandi dengan Biaya Minim 

Tirai kamar mandi

Untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut, biarkan tirai terbuka setelah mandi untuk mengeringkannya serta mencegah tumbuhnya jamur.

Bersihkan tirai kamar mandi setiap bulan, Jika dapat dicuci dengan mesin cuci, gunakan suhu terpanas yang diizinkan oleh label perawatan.

Untuk tirai yang tidak dapat dicuci dengan mesin cuci atau untuk menghilangkan noda jamur dan lumut, gosok dengan larutan pemutih dan bilas sampai bersih. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com