Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sadari, Ini Hal-hal yang Bisa Mengundang Tikus Masuk ke Rumah

Kompas.com - 06/11/2021, 16:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus menjadi hama yang sangat meresahkan bagi banyak orang, terlebih ketika mereka sudah mulai memasuki rumah dan membuat sarangnya. 

Selain menyebabkan rumah kotor dan berantakan, tikus dapat menularkan sekitar 35 penyakit kepada manusia, memicu alergi atau gejala asma, menyebabkan kerusakan struktural yang signifikan pada rumah, serta membuat bangunan berisiko kebakaran listrik. 

Baca juga: Tanpa Racun, Ini 7 Cara Mengusir Tikus di Rumah

Sayangnya, ada beberapa hal yang dilakukan pemilik rumah dapat mengundang tikus masuk ke rumah tanpa menyadarinya.

Berikut hal yang bisa mengundang tikus masuk ke rumah dilansir dari Best Life, Sabtu (6/11/2021). 

Baca juga: 8 Tips Mengendalikan Tikus, Kecoak, Lalat dan Semut di Dapur

Tidak membersihkan makanan hewan peliharaan  

Ilustrasi tikus. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi tikus.
Beberapa pemilik hewan peliharaan seperti kucing atau anjing akan meninggalkan makanan hewan peliharaan di tempat makan sepanjang malam agar hewan bisa makan ketika lapar pada tengah malam. 

"Namun, hal ini bisa menarik tikus," kata Pedro M. Aponte, dokter hewan dan pemilik blog hewan peliharaan Animal Hacker. 

Baca juga: Cara Menyingkirkan Tikus Tanpa Membunuhyna

Menurut Aponte, tikus tertarik pada makanan anjing dan kucing karena biasanya mengandung biji-bijian dan nutrisi lain yang dibutuhkan hewan pengerat ini.

"Meninggalkan makanan pada mangkuk semalaman pasti akan menarik perhatian tikus karena mereka adalah hewan nokturnal atau aktif pada malam hari. Mereka memiliki indera penciuman yang sangat kuat yang akan membantu menemukan makanan hewan peliharaan Anda pada malam hari," ucapnya. 

Selain itu, tikus juga memiliki penglihatan malam yang cukup baik untuk bernavigasi di sekitar rumah Anda. 
Baca juga: Kenapa Kucing Makan Tikus? Ternyata Ini Penyebabnya 

Meninggalkan makanan basah hewan peliharaan 

Menurut M&M Pest Control, perusahaan pengendalian hama ramah lingkungan yang berbasis di New York City, Amerika Serikat, makanan basah anjing atau kucing lebih menarik bagi tikus karena mengandung cukup air bagi tikus untuk bertahan hidup tanpa memerlukan sumber air lain.

Makanan basah mengandung paling banyak air secara alami. Alasan lain, makanan basah lebih menarik bagi tikus karena bau yang dimiliki.

"Sementara makanan hewan peliharaan biasanya tidak berbau menggugah selera bagi manusia, tikus menyukai makanan dengan bau yang kuat. Tikus memiliki indera penciuman yang beberapa kali lebih baik daripada manusia. Jadi, ini akan menarik lebih banyak tikus dari luar atau rumah tetangga jika dibiarkan semalaman." 

Baca juga: 5 Tanda Tikus Bersarang di Rumah

Cara mencegah kucing masuk ke rumah 

Aponte mengatakan Anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan atau mengosongkan mangkuk anjing atau kucing setelah setiap kali makan.

Sebaliknya, dia mengatakan Anda harus membersihkan mangkuk hewan peliharaan setiap malam untuk mencegah dan menghindari tikus masuk ke rumah. 

"Pengosongan dan pembersihan harus dilakukan pada penghujung hari karena hewan pengerat cenderung memiliki kebiasaan nokturnal dan akan menghindari kesibukan saat bertemu manusia dan hewan peliharaan," ucap Aponte. 

Baca juga: Awas, Ini 7 Kebiasan yang Dapat Menarik Tikus ke Masuk ke Rumah

Dokter hewan juga menyarankan agar pemilik hewan peliharaan menyimpan makanan hewan mereka dalam wadah tahan tikus seperti tempat sampah logam berat, lemari logam, tempat sampah plastik yang tebal, dan wadah tertutup rapat.

"Wadah atau kotak plastik dengan dinding sempit dan ketebalan kurang dari tiga milimeter akan digerogoti dan dilubangi tikus yang kelaparan tanpa ragu. Tikus juga akan bisa merangkak melalui celah kecil atau lubang untuk mendapatkan akses," tutup Aponte. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com