Kompas.com - 22/10/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi tikus. PIXABAY/ALEXAS_FOTOSIlustrasi tikus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus menjadi salah satu hama yang sering masuk atau muncul di dalam rumah. Bukan hal aneh bagi hewan pengerat ini untuk masuk ke rumah.

Tikus masuk ke rumah tak lain untuk mencari makanan, air, dan perlindungan dari cuaca. Tikus adalah makhluk yang licik serta ahli dalam menyelinap melalui celah-celah dan bersembunyi. 

Baca juga: 5 Tanda Tikus Bersarang di Rumah

Biasanya, tikus yang masuk ke rumah akan berlindung di bawah lantai, di dalam dinding, dan langit-langit atau plafon rumah.

Ketika menemukan "tamu" yang tidak diinginkan di rumah, sebetulnya Anda tidak hanya menemukan satu tikus, tapi lebih dari satu. Mengingat, tikus adalah hewan yang suka berkelompok.  

Baca juga: Kenapa Kucing Makan Tikus? Ternyata Ini Penyebabnya

Tanda tikus masuk rumah

Ilustrasi tikus. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi tikus.
Keberadaan tikus di rumah tentu menjadi masalah besar lantaran tikus membawa penyakit dan membuat kekacauan, membuat lubang, mengunyah kabel, menggerogoti papan pinggir, furnitur, bahkan buku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ditambah, tikus diketahui menyebarkan penyakit juga mengundang hama lain seperti kutu yang bisa membawanya masuk ke rumah. 

Biasanya, tikus masuk ke dalam ruangan ketika suhu mulai turun. Ini berarti musim gugur dan musim dingin. 

Dari situ, Anda akan melihat tanda-tanda pertama tikus di rumah seperti suara garukan atau gesekan aneh pada dinding, terutama pada malam hari, bekas goresan, kotoran tikus, serta kabel yang dgigit tikus.  

Baca juga: Awas, Ini 7 Kebiasan yang Dapat Menarik Tikus ke Masuk ke Rumah

Cara mengusir tikus di rumah secara alami 

Untuk mengusir tikus di rumah, banyak penghuni rumah yang menggunakan cara instan dengan menggunakan umpan dan racum tikus. Padahal, metode ini tidak sepenuhnya ramah bagi hewan peliharaan atau anak-anak.

Sebenarnya, ada beberapa cara membasmi tikus di rumah secara alami tanpa membahayakan tikus dan keluarga Anda. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.