Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Peralatan Memasak dan Dapur Harus Diganti? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 31/10/2021, 15:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memiliki peralatan memasak dan peralatan dapur, perawatan menjadi hal penting agar peralatan tahan lama. Namun, peralatan memasak dan dapur harus diganti jika mengalami kerusakan parah.

"Untuk sebagian besar peralatan dapur, kapanperlu menggantinya tergantung pada penggunaan dan perawatan Anda," kata Tracy Wilk, instruktur koki di Institute of Culinary Education di New York, Amerika Serikat, dilansir dari Real Simple, Minggu (31/10/2021).

Lantas, bagaimana mengetahui kapan peralatan memasak harus diganti? Simak penjelasannya di bawah ini.   

Baca juga: Tips Merawat Peralatan Memasak agar Tetap Awet

Peralatan masak 

Qi Ai, seorang chef de cuisine di Travelle di The Langham, Chicago, Amerika Serikat, mengatakan, ketika panci antilengket teflonmulai menunjukkan banyak goresan atau  makanan mulai lengket lebih dari biasanya, inilah saatnya untuk menggantinya. 

Tak hanya itu, panci yang tergores sebenarnya bisa melepaskan bahan kimia berbahaya. Artinya, ketika melihat ada goresan atau pengelupasan pada panci, inilah saatnya untuk mengganti panci antilengket yang baru secepatnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Awet dan Higienis  

Ilustrasi peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/MAXX-STUDIO Ilustrasi peralatan masak stainless steel.
Noda air atau perubahan warna akibat panas pada panci stainless steel seharusnya tidak mempengaruhi kemampuannya untuk memasak makanan karena tanda tersebut biasanya hanya pada permukaan.

Namun, jika pegangan pada wadah peralatan masak terlepas, Anda harus memikirkan untuk menggantinya. 

Jika blender bocor dari bawah atau mengeluarkan bau terbakar, ini menjadi tanda jelas untuk saatnya mengganti blender dengan yang baru.  

Baca juga: 5 Peralatan Dapur yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru Saat Pindah Rumah

  • Teko listrik

Wilk mengatakan pemeliharaan teko listrik cukup sederhana, tetapi pada akhirnya akan berhenti bekerja. Anda mungkin memperhatikan ketel listrik mulai menyala ketika  membutuhkan waktu lebih lama untuk memanas atau tidak memanas sama sekali. Inilah waktunya untuk menggantinya.

Namun, secara umum, selama merawat dan membersihkan teko listrik dengan baik, teko akan bertahan selama beberapa tahun. 

Baca juga: 4 Manfaat Baking Soda dalam Membersihkan Peralatan Memasak 

  • Pemanggang roti

Penyebab utama yang dapat memperpendek umur pemanggang roti adalah sisa remah-remah. "Ini pada akhirnya dapat menyebabkan pemanggang roti tidak berfungsi dengan baik karena tidak mudah dibersihkan," ucap Wilk.

Banyak pemanggang roti memiliki baki yang dapat dilepaskan untuk membuang remah-remahnya, tetapi beberapa masih bisa tersangkut di dalamnya dan mempengaruhi kemampuan pemanggang roti untuk bekerja baik.

Jadi, kapan waktu mengganti pemanggang roti? Jika pemanggangan roti sudah tidak memanggang secara merata, memakan waktu lebih lama dari biasanya, atau menunjukkan tanda-tanda karat, inilah saat yang tepat untuk menggantinya.  

Baca juga: Mengenal Jenis Material Peralatan Memasak yang Awet dan Tahan Lama 

  • Food processor

Ilustrasi food processor.SHUTTERSTOCK/GUPINA Ilustrasi food processor.
Untuk menjaga pisau pada food processor tetap tajam, Wilk merekomendasikan untuk selalu mencucinya dengan tangan. 

"Jika Anda berhati-hati dalam mencuci dan selalu memastikannya sudah kering sebelum disimpan, Anda dapat menyimpan alat ini selama bertahun-tahun," kata Wilk.

Namun, jika pisau tampak tumpul dan tidak memotong atau menggiling seefisien sebelumnya, mungkin sudah waktunya untuk membeli peralatan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com