Kompas.com - 31/10/2021, 11:22 WIB
Selain diolah menjadi jamu atau minuman, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti obat masuk angin dan sakit perut. PIXABAY/JOSEPH MUCIRASelain diolah menjadi jamu atau minuman, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti obat masuk angin dan sakit perut.

JAKARTA, KOMPAS.com Jahe sangat bermanfaat bagi manusia. Tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan, minuman dan campuran pengobatan trandisional.

Karena itu, ada baiknya jika kamu memililki tanaman ini di dalam rumahmu agar jika kamu membutuhnnya, kamu bisa segera memanen jahe dari halaman rumahmu.

Untuk kamu yang tak memiliki halaman, jahe juga bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan.

Berikut adalah langkah-langkah menanam jahe di dalam rumah seperti dilansir dari Good Housekeeping, Minggu (31/10/2021).

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Jahe di Pot

Pilih jahe yang berpotensi menjadi bibit

Beli jahe di pasaran lalu pilih jahe yang memiliki mata di bagian ujungnya. Potong jahe pilihan seukuran ibu jari. Pilihlah potongan yang montok, bukan yang layu dan kulitnya berkeriput. Kulit pada kuncup halus harus lebih tipis dan berwarna lebih terang.

Seperti kentang, jahe konvensional diiradiasi dan diolah agar tidak tumbuh di supermarket. Artinya, itu juga tidak akan mudah tumbuh di rumah, untuk itu pilihlah jahe organik atau belilah jahe di pasar tradisional. 

Baca juga: Baik untuk Kesehatan, Begini Cara Menanam Jahe di Dalam Polybag

Dorong jahe untuk bertunas

Ini bagian tersulit. Jahe membutuhkan waktu untuk mulau tumbuh tunas. Untuk mempercepatnya, buat terarium menggunakan wadah bertutup bening.

Pilih satu yang hanya beberapa centi meter lebih besar dari benih dan buat lubang drainase di bagian bawah.

Letakkan 3-5 cm tanah pot di bawah benih dan letakkan jahe dan tenggelamkan sekitar 1,5 cm. Pertahankan tanah tetap lembab dan tidak terlalu basah ataupun terlalu kering. Usahakan jahe bisa tetap tenggelam dengan pucuk di bagian atas hingga keluar tunas muda. 

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Jahe

Tanam dalam pot yang besar

Jahe membutuhkan banyak ruang untuk tumbuh. Mengingat ruangnya, sepotong seukuran ibu jari. Ini akan dengan mudah tumbuh untuk mengisi pot berukuran 10 liter selama sekitar enam bulan. Pilih wadah yang cantik dengan lubang drainase yang bagus dan piring yang dalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.