Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Karpet agar Jadi Elemen Dekorasi Ruangan yang Menarik

Kompas.com - 25/10/2021, 16:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet memiliki banyak fungsi di ruangan. Tidak hanya sebagai alas duduk, karpet juga menambahkan desain, tekstur, dan kenyamanan ke ruangan.

Akan tetapi, dengan begitu banyak jenis karpet untuk dipilih, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih karpet. Namun demikian, para desainer interior menjelaskan cara memilih karpet yang sempurna untuk ruangan, dari segi ukuran, bentuk, warna, dan tenunannya.

Dilansir dari Homes & Gardens, Senin (25/10/2021), memilih karpet tidak sesederhana hanya menyukai desainnya. Ada banyak pertimbangan yang harus dipertimbangkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Bulu dan Rambut Rontok yang Tersangkut di Karpet

Ilustrasi karpet. UNSPLASH/LIDA SAHAFZADEH Ilustrasi karpet.

"Karpet adalah bagian yang sangat penting dari skema apa pun. Kelembutan dan kepekaan akustik yang ditawarkan di samping warna, desain, dan tekstur membuatnya sangat diperlukan di area dengan lantai batu atau kayu," jelas Jo Littlefair, desainer interior di Goddard Littlefair.

Berikut beberapa tips memilih karpet agar menjadi elemen dekorasi ruangan yang menarik.

1. Pilih bentuk yang tepat

Tidak ada aturan yang pasti terkait bentuk karpet, meskipun idealnya area dan bentuknya harus mencerminkan ruangan atau zona ruangan, bentuk dan proporsinya.

"Menggunakan karpet berbentuk tidak beraturan menambahkan elemen dinamis lainnya ke interior. Karpet berbentuk tidak beraturan memberikan kebebasan yang lebih besar untuk penempatan furnitur," ujar desainer interior Shalini Misri.

Baca juga: Cara Menjaga Jumbai Karpet agar Tidak Mudah Lusuh dan Lepas

"Perabotan tradisional ditempatkan di tengah karpet (seperti meja kopi), namun dengan karpet berbentuk tidak beraturan, perabot dapat ditempatkan di satu sisi untuk memamerkan garis yang tidak beraturan sepenuhnya. Ini menambah daya tarik besar pada suatu ruang," imbuh Misri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com