Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Memilih Karpet untuk Ruang Keluarga

Kompas.com - 11/09/2021, 12:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga menjadi salah satu area di rumah yang kerap dipasangi karpet. Tanpa adanya karpet, ruang keluarga terasa kurang lengkap. 

Keberadaan karpet di ruang keluarga tak hanya mempercantik tampilan ruangan, tetapi juga menambah kenyaman dan kehangatan. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Mendekorasi Ruangan dengan Karpet

Namun, mengaplikasikan karpet pada ruang keluarga tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar karpet dapat berfungsi maksimal. 

Melansir dari laman The Spruce, Sabtu (11/9/2021), berikut ini cara memilih karpet untuk ruang keluarga

Baca juga: Trik Memilih Ukuran Karpet yang Tepat untuk Ruangan 

Ukuran

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mendekorasi ruang keluarga adalah menggunakan karpet berukuran terlalu kecil (sering disebut ukuran perangko).

Ukuran standarnya adalah 1,8 x 2,7 meter, 2,4 x 3 meter, dan 2,7 x 3,6 meter. Ukuran inilah yang akan Anda temukan di toko-toko karpet. 

Baca juga: 5 Warna dan Jenis Karpet yang Dapat Menyamarkan Noda

Namun, jika ukurannya tidak sesuai dengan ruangan Anda, cobalah membuat karpet custom atau khusus. Soal harga tidak selalu mahal, tergantung pada jenis karpetnya.

Apa pun yang Anda putuskan, ingatlah bahwa harus ada sekitar 10-20 sentimeter lantai kosong di sekitar semua sisi permadani.  

Baca juga: 5 Manfaat Utama Menggunakan Karpet pada Ruangan 

Warna dan pola

Saat memilih karpet ruangan, pikirkan baik-baik tentang warna dan polanya. Memilih karpet bermotif bisa menjadi cara bagus untuk menambahkan warna serta ketertarikan pada ruangan dengan furnitur dan dinding netral.

Demikian juga, karpet solid dengan warna netral bisa menjadi cara bagus untuk menenangkan ruangan.

Perlu diingat juga bahwa karpet bermotif akan lebih baik untuk menyembunyikan kotoran dan tumpahan, sementara karpet polos rentan terkena noda. 

Baca juga: Karpet Vs Lantai Kayu, Mana yang Lebih Baik untuk Kamar Tidur?

Jika Anda memiliki ruangan yang penuh warna dan masih menginginkan permadani yang berwarna-warni, cobalah menemukan sesuatu yang akan menghubungkan dan menyatukan semua warna.

Idenya adalah memastikan karpet tidak saling bertabrakan. Jika tidak, Anda akan berakhir dengan ruang yang berantakan secara visual.

Ingatlah bahwa lantai memiliki dampak besar pada keseluruhan tampilan ruangan, jadi pilihlah sesuatu yang dapat Anda pakai dan tidak cepat lelah. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Karpet dengan Baking Soda

Tekstur

Selanjutnya, cara memilih karpet untuk ruang keluarga adalah menentukan tekstur. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin karpet terasa sebelum Anda melakukan pembelian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com