Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2021, 23:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kloset duduk adalah hal yang perlu dilakukan untuk menjaganya tetap bersih dan higienis.

Namun, ketika membersihkan kloset, tidak sedikit orang yang lupa membersihkan bagian tangki kloset duduk

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Endapan pada Kloset

Padahal, menjaga kebersihan tangki kloset duduk tak kalah penting sebagai upaya pemeliharaan kloset jangka panjang.

"Membersihkan tangki kloset duduk membantu mencegah penumpukan karat dan jamur di dalamnya," kata Patty Stoffelen, penjual perlengkapan mandi untuk The Home Depot.

Jika merasa bingung bagaimana membersihkannya, berikut ini cara membersihkan tangki kloset duduk dikutip dari Martha Stewart, Rabu (6/10/2021). 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kloset Tersumbat Tanpa Penyedot 

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Membersihkan tangki kloset duduk mungkin sedikit lebih rumit daripada membersihkan bagian luar permukaan kloset. Untungnya, hal ini tidak perlu sering dilakukan.

Stoffelen merekomendasikan untuk mengerjakan tugas ini hanya sekali atau dua kali dalam setahun untuk pemeliharaan. 

"Kami merekomendasikan menggunakan sikat scrub dengan produk pembersih kamar mandi permukaan keras yang diformulasikan tanpa pemutih," kata Stoffelen. 

Baca juga: Bukan Kloset, Ini Benda Paling Kotor dan Penuh Kuman di Rumah

Menggunakan pemutih dilarang untuk membersihkan tangki kloset duduk. Jadi, jangan gunakan pemutih atau produk mengandung pemutih di dalam tangki kloset duduk karena  dapat merusak bagian dalamnya.

Jika ingin menghilangkan noda keras dari dalam tangki, sebaiknya menggunakan cuka putih yang diencerkan dengan air. 

Baca juga: Penyebab Noda Karat pada Kloset dan Cara Membersihkannya

Cara membersihkan tangki kloset duduk

Pembersihan tangki kloset duduk terdiri atas dua cara. Pertama, merendam tangki untuk menghilangkan noda. Kedua, menggosok permukaan tangki dan bagian-bagian lain di dalamnya untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk.

"Pertama, buka tutup tangki kloset duduk dan intip ke dalamnya. Jika kamu melihat ada penumpukan mineral atau kotoran, tuangkan empat cangkir cuka ke dalam tangki. Biarkan ini meresap hingga satu jam," jelas Vera Peterson, presiden Molly Maid. 

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Kloset Harus Ditutup Setelah Digunakan

Sebelum menyikatnya, kosongkan tangki. Mulailah dengan mematikan katup pasokan air, yang terletak pada bagian belakang kloset. Kamu dapat menggunakan spons untuk menghilangkan sisa air yang ada di dasar tangki.

Untuk membersihkan kotoran dan lumut secara umum, semprot bagian dalam tangki secara menyeluruh dengan produk pembersih kamar mandi bebas pemutih dan diamkan selama 15 menit.

Gunakan sikat scrub untuk membersihkan tangki dan gunakan tisu untuk menyeka bagian dalam tangki. Selanjutnya, masukkan cuka yang diencerkan dengan air untuk mengisi tangki kosong dan diamkan hingga 12 jam. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Benda yang Tidak Boleh Dibuang ke Kloset

Hindari menggunakan kloset duduk selama proses ini. Setelah digosok dan direndam, kosongkan tangki yang berisi larutan cuka dengan memencet tombol flush, lalu nyalakan kembali air agar tangki dapat diisi ulang.

Tekan tombol flush beberapa kali lagi untuk membilas isi tangki dan proses pembersihan pun selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com