Kompas.com - 06/10/2021, 18:58 WIB
Ilustrasi membersihkan kloset. SHUTTERSTOCK/LISA-SIlustrasi membersihkan kloset.

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda endapan putih atau berwarna karat yang menumpuk pada kloset disebabkan oleh mineral dalam air, terutama kalsium dan magnesium.

Meski tidak merusak saluran air, kalsium dalam air yang mengandung mineral, yang disebut air sadah, dapat tertinggal di mangkuk kloset dan membuatnya buruk serta kotor seiring waktu. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kloset Tersumbat Tanpa Penyedot

Seperti dilansir dari Home Guides SFgate, Rabu (6/10/2021), endapan tersebut juga menjadi lebih sulit dibersihkan seiring bertambahnya waktu.

Karena itu, semakin cepat membersihkan noda endapan dari kloset, semakin mudah menghilangkannya. Berikut cara membersihkan noda endapan pada kloset

Baca juga: Bukan Kloset, Ini Benda Paling Kotor dan Penuh Kuman di Rumah 

Siram kloset

Langkan pernah membersihkan endapan putih pada kloset adalah menyiram kloset untuk menurunkan tingkat air dan memudarkan endapan tersebut.

Gunakan cuka putih suling

Kemudian, isi botol semprot dengan cuka putih suling. Semprotkan ke bagian kloset yang terdapat noda secara bebas. Kemudian, biarkan cuka meresap pada endapan selama 30 menit. 

Baca juga: Penyebab Noda Karat pada Kloset dan Cara Membersihkannya 

Gosok

Setelahn itu, gosok tumpukan noda tersebut dengan sikat kloset berbulu kaku, lalu tekan flush kloset untuk membilas kloset dan cuka agar menghilangkan endapan. 

Bila masih terdapat endapan, lakukan penggosokan kembali sebanyak mungkin. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kloset Umumnya Berwarna Putih

Gunakan baking soda

Langkah selanjutnya membersihkan endapan kloset adalah menuangkan baking soda atau soda kue ke kloset dan sikat toilet, lalu gosok kloset.

Kemudian, nyalakan kembali flush kloset untuk membersihkan residu dan membilas kloset. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kloset Umumnya Berwarna Putih

Gunakan batu apung

Batu apung juga bisa digunakan untuk membersihkan endapan kloset. Namun, jangan lupa mengenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan.

Gunakan batu apung untuk menggosok permukaan kloset. Setelah semua endapan hilang, hidupkan kembali flush kloset untuk menyiram serta membilas kloset. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.