Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda pada Kloset Secara Menyeluruh

Kompas.com - 08/08/2021, 22:04 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kloset mungkin merupakan salah satu hal yang kurang menarik dari kehidupan, tetapi ini adalah tugas yang perlu dilakukan untuk menjaga kamar mandi tetap bersih.

Memastikan kloset dalam kondisi bersih dan segar adalah langkah penting dalam perawatan rumah. Pasalnya, menjaga kebersihan kloset dan kamar mandi berkaitan erat dengan kesehatan. 

Baca juga: Bahaya Tidak Menutup Kloset Saat Menyiram, Bisa Kena Penyakit Menular

Dengan membersihkan kloset secara teratur, dapat mengurangi jumlah kuman dan bakteri berbahaya di kamar mandi serta rumah. 

Namun, membersihkan noda kloset bisa sangat sulit, terlebih bila noda telah menumpuk dan menempel lama serta mengeras. Itulah sebabnya perlu mengetahui cara membersihkan kloset secara menyeluruh sangat penting.

Dikutip dari Woman and Home, Minggu (8/8/2021), berikut ini cara membersihkan noda pada kloset secara menyeluruh. 

Baca juga: Cara Sederhana untuk Membersihkan Kloset Secara Alami 

Menyikat bagian dalam kloset

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membersihkan kloset adalah melakukan penyikat secara menyeluruh dan cepat pada bagian dalam kloset.

Anda tidak perlu membersihkannya dengan kuat atau banyak penyikatan, cukup satu atau dua putaran cepat di sekitar mangkuk kloset sudah bisa membersihkannya.

Tujuan utama dari langkah ini adalah memberikan permukaan toilet yang bersih untuk menghilangkan noda kotoran yang tertinggal, sebelum pembersihan mendalam. Setelah selesai, siram kloset hingga bersih. 

Baca juga: 7 Benda yang Tidak Boleh Dibuang ke Kloset 

Kikis permukaan dalam kloset 

Untuk mengikis atau menggosok noda pada permukaan dalam kloset, Anda perlu menggunakan batu apung putih atau yang khusus dibuat untuk toilet.

Mulailah dengan menggosok batu di sekitar area cincin bernoda guna mengikis sisa air sadah secara perlahan. Jika memiliki noda di bawah tepi, Anda perlu mengulangi langkah-langkah ini pada bagian tersebut.

Tak perlu khawatir, batu apung putih dan batu toilet umumnya aman digunakan pada permukaan porselen. 

Baca juga: Ingin Kloset Tetap Bersih? Begini Caranya

Gosok permukaan atas kloset

Langkah selanjutnya adalah membersihkan kembali permukaan dalam kloset menggunakan sikat toilet sebelum dibilas. Tujuannya, melonggarkan kotoran dan air keras sehingga mudah diangkat dan dibuang.

Untuk noda yang sangat membandel yang mungkin sudah lama ada, Anda dapat mengulangi langkah kedua beberapa kali percobaan. 

Baca juga: 5 Penyebab Kloset Mampet yang Harus Diketahui

Bersihkan sisa noda

Setelah selesai menghilangkan noda, sebaiknya membersihkan kloset secara umum. Mulai dari, bagian atas kloset, flusher, dudukan toilet dengan menyemprotkan pembersih disinfektan.

Kemudian, gunakan kain atau handuk kertas untuk menyeka dan membersihkannya. Terus semprotkan ke permukaan toilet serta bersihkan lantai di bawah toilet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com