Kompas.com - 26/09/2021, 23:09 WIB
Ilustrasi kloset, toilet, WC Unsplash/Giorgio TrovatoIlustrasi kloset, toilet, WC

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati kloset yang tersumbat atau mampet tentu membuat pusing dan menjengkelkan karena menghambat rutinitas di rumah.

Tak hanya itu, kloset tersumbat atau mampet juga dapat menyebabkan toilet atau kamar mandi menjadi banjir, bau, dan tidak nyaman. 

Baca juga: Bukan Kloset, Ini Benda Paling Kotor dan Penuh Kuman di Rumah

Kloset yang tersumbat harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Biasanya, mengatasi kloset tersumbat menggunakan plunger atau penyedot. Beruntung, kloset tersumbat dapat diatasi tanpa menggunakan penyedot, bahkan jasa penyedot WC.  

Melansir dari laman Reader's Digest, Minggu (26/9/2021), berikut ini lima cara mengatasi kloset tersumbat tanpa penyedot. 

Baca juga: Penyebab Noda Karat pada Kloset dan Cara Membersihkannya 

Mulailah dengan sabun cuci piring

Langkah pertama mengatasi kloset tersumbat tanpa penyedot adalah menggunakan sabun cuci piring. Tekstur sabun yang cair dan licin dapat membantu melumasi pipa yang tersumbat dan memungkinkan puing-puing yang tersangkut meluncur ke bawah dengan lebih mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tuangkan sekitar setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam toilet. Jika Anda tidak memiliki sabun cuci piring, potong-potong sabun batangan menjadi kecil-kecil dan buang potongan-potongan tersebut ke dalam toilet. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Benda yang Tidak Boleh Dibuang ke Kloset

Tambahkan air panas

Menggunakan sabun cuci piring saja tidak akan berhasil mengatasi kloset tersumbat. Untuk itu, perlu menambahkan air panas. Isi ember dengan air mandi panas dan tuangkan air panas cukup banyak ke dalam toilet.

Kekuatan air panas bisa mengeluarkan apa pun yang menyebabkan penyumbatan pada kloset. Namun, hindari menggunakan air mendidih karena dapat menyebabkan toilet porselen retak. 

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Kloset Harus Ditutup Setelah Digunakan 

Gunakan gantungan kawat

Sebelum mengatasi toilet tersebut, cari tahu terlebih dulu apa yang menyebabkan penyumbatan ini. Penyumbatan yang lebih parah dapat memerlukan pemindahan item secara manual.

Untuk melakukan ini, gunakan gantungan baju yang terbuat dari kawat, lalu buka gantungan sampai lurus, dan dorong salah satu ujung kabel ke area yang tersumbat. Dorong puing-puing yang ada pada kloset sampai hilang dan mengalir ke saluran pembuangan. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kloset Umumnya Berwarna Putih  

Campuran baking soda dan cuka

Sebagai alternatif dari menggunakan sabun cuci piring, cobalah solusi alami ini untuk mengatasi kloset tersumbat. Tuangkan satu cangkir baking soda dan dua cangkir cuka ke dalam kloset mampet

Biarkan campuran kedua bahan tersebut mendesis selama setengah jam. Jika sumbatan tidak juga menghilang, cobalah menggunakan air panas untuk membuka sumbatan toilet tanpa penyedot. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.