Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2021, 07:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan bagi kita. Tanaman hias di rumah Anda pun dapat mengalami ketidaknyamanan saat cuaca panas.

"Kita bukan hanya satu-satunya yang menderita selama cuaca panas. Tanaman hias kita juga berjuang untuk berkembang dalam panas yang ekstrim," kata para pakar tanaman di abcFlora, seperti dikutip dari House Beautiful, Selasa (21/9/2021).

Menurut mereka, tanaman tropis dan kaktus secara umum dapat tumbuh dengan baik dalam cuaca panas dan lembap.

 

Baca juga: Jangan Letakkan Tanaman Hias di Dekat Kipas Angin, Mengapa?

Akan tetapi, sebagian besar tanaman dalam ruangan tidak mampu menahan suhu tinggi dan membutuhkan perawatan ekstra agar bertahan dari cuaca panas.

Beberapa jenis tanaman tak sekadar mempercantik ruangan, tetapi juga dapat membantu meredakan alergi dengan mengusir alergen yang ada di rumah.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Beberapa jenis tanaman tak sekadar mempercantik ruangan, tetapi juga dapat membantu meredakan alergi dengan mengusir alergen yang ada di rumah.

Berikut beberapa cara merawat tanaman hias di dalam ruangan saat cuaca panas.

1. Hati-hati terhadap sengatan matahari

Tanaman hias bergantung pada sinar matahari untuk membuat makanannya, tetapi mereka juga membutuhkan perlindungan dari sinarnya yang berbahaya.

Faktanya, lapisan luar jaringan daun dapat terbakar dengan terlalu banyak paparan cahaya, menyebabkan daun tanaman menjadi cokelat, putih atau kuning.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Panas? Letakkan 8 Tanaman Hias Ini

"Sinar matahari yang terik menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tanaman, jadi berhati-hatilah untuk membatasi jumlah waktu yang mereka habiskan di bawah sinar matahari untuk menghindari daunnya terbakar," kata abcFlora.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com