Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Hias Gantung yang Dapat Mempercantik Rumah

Kompas.com - 14/09/2021, 20:25 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memberikan nuansa asri yang menyegarkan, tanaman hias, khususnya tanaman hias gantung, juga dapat menjadi elemen dekorasi yang mampu mempercantik rumah.

Jika tertarik mempercantik rumah dengan tanaman hias gantung, ada beberapa pilihan tanaman gantung populer yang bisa dipilih.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (14/9/2021), berikut ini delapan pilihan tanaman hias gantung yang dapat mempercantik rumah. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok di Apartemen Kecil

Green fall

Green fall merupakan tanaman hias gantung yang termasuk dalam spesies tanaman Dischidia, yakni genus tumbuhan di keluarga Apocynaceae.

Tanaman ini memiliki daun menjuntai berwarna hijau muda segar sehingga membuatnya cocok ditanam di pot gantung atau di pot tempel. 

Baca juga: Calathea dan Maranta, Apakah Jenis Tanaman Hias yang Sama?

Peperomia scandens

Peperomia scadens memiliki tampilan daun berwarna hijau dan putih pada tepian daunnya. Jika digantung, daun-daun tanaman hias ini akan tampak cantik karena teruntai ke bawah.

Namun, tanaman ini sangat direkomendasikan untuk digantung dengan penempatan yang teduh. 

Baca juga: Campuran Media Tanam yang Subur untuk Tanaman Hias

Pelliona repens

Warna dan corak dari daun pellionia repens seperti buah semangka. Tanaman gantung ini juga memiliki bunga, yang mana bunganya bisa berasap.

Pellionia repens dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh atau memiliki intensitas cahaya matahari yang sedang. 

Baca juga: Penyebab Tumbuhnya Jamur pada Tanaman Hias dan Cara Mengatasinyaxaz

Tradescantia

Tradescantia albiflora memiliki daun dengan warna-warna yang unik dan cantik.SHUTTERSTOCK/OMKOI Tradescantia albiflora memiliki daun dengan warna-warna yang unik dan cantik.
Tanaman gantung ini identik dengan daun bercorak garis-garis dengan aneka warna seperti ungu, putih, hijau, dan silver. Tradescantia cocok digantung di dalam ruangan atau indoor.

Zig-zag plant

Zig-zag plant atau euphorbia tithymaloides memiliki ciri khas batang yang berbelok-belok alias zig-zag. Warna daun tanaman ini seluruhnya hijau sehingga membuatnya tampak sangat cantik untuk digantung.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Vertikal

Oxalis atau bunga kupu-kupu

Oxalis atau calincing adalah genus besar tanaman berbunga dalam famili Oxalidaceae.

Tanaman yang juga dikenal tanaman cinta ini diketahui sangat produktif. Meski berkembang secara lambat, tapi tanaman ini mudah menjalar ke berbagai sisi. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Beracun untuk Kucing

Sirih gading

Ilustrasi sirih gadingInstagram.com/namoo_garden Ilustrasi sirih gading
Sirih gading merupakan salah satu tanaman hias populer yang banyak diminati karena keunikannya. Sirih gading memiliki bentuk daun dengan motif dan warna berbeda-beda.

Tak hanya mempercantik ruangan, tanaman hias sirih gading sangat mudah dirawat. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Berbunga Sepanjang Tahun

Creeping charlie

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki daun yang sangat cepat tumbuh. Creeping charlie memiliki daun berwarna hijau serta berkerut atau bergelombang sehingga tampak menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com