Kompas.com - 20/09/2021, 20:50 WIB
Lavender memiliki aroma yang menenangkan sehingga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICALavender memiliki aroma yang menenangkan sehingga bisa membantu kita tidur lebih nyenyak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah serangga yang bisa menjadi masalah besar bagi manusia karena dapat mendatangkan penyakit, salah satunya demam berdarah.

Untuk itu, keberadaan nyamuk di rumah perlu dibasmi. Namun, hindari membasmi nyamuk menggunakan produk pembasmi kimia. Anda bisa membasminya menggunakan tanaman pembasmi nyamuk. 

Dilansir dari Asia One, Senin (20/9/2021), berikut ini lima tanaman pembasmi nyamuk. 

Baca juga: Resep Rumahan yang Ampuh Usir Nyamuk

Serai wangi

Ilustrasi tanaman serai.SHUTTERSTOCK/MARIE SHARK Ilustrasi tanaman serai.
Serai mengeluarkan aroma kuat untuk mengusir nyamuk dan minyak serai adalah salah satu obat nyamuk alami yang paling banyak digunakan.

Minyak ini terkadang juga dapat digunakan langsung pada kulit untuk mengobati gigitan nyamuk dan serangga lainnya, tetapi hal ini tidak dianjurkan untuk kulit sensitif. 

Baca juga: Tips Membasmi Nyamuk dari Air Kolam Tanpa Merusak Tanaman

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelargonium

Pelargonium atau disebut juga mosquito plant (tanaman nyamuk) adalah persilangan sempurna antara serai wangi Cina (Chinese citronella) dan geranium Afrika.

Daun tanaman yang seperti pakis ini mengandung minyak serai, yang membantu mengusir nyamuk. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tandon Air dari Lumut dan Sarang Nyamuk

Lavender

Ilustrasi lavenderlola1960 Ilustrasi lavender
Lavender adalah tanaman cantik yang dikenal memiliki aroma menenangkan. Selain itu, tanaman berbunga ungu yang indah ini juga merupakan pengusir nyamuk alami karena mengandung pinene dan linalool, senyawa utama yang tidak disukai nyamuk.

Kamu bahkan dapat menggosok tanaman ini langsung ke kulit untuk mencegah serangga menggigitmu. 

Baca juga: 5 Cara Membasmi Nyamuk dari Kolam Air Mancur

Pepermint

Kebanyakan serangga tidak menyukai bau dan rasa peppermint karena tanaman ini mengandung mentol. Jika kamu digigit nyamuk, gosokkan daun peppermint langsung ke kulit untuk memberikan banyak kelegaan.

Lemon balm

Lemon balm merupakan bagian dari keluarga mint. Sama dengan peppermint, tanaman ini mengusir serangga dan bisa dijadikan sebagai bumbu atau teh herbal.

Daun tanaman lemon balm yang dihancurkan bisa dioleskan langsung ke kulit untuk membasmi nyamuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Asia One
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.