Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memelihara Ikan Menurut Feng Shui agar Mendapat Keberuntungan

Kompas.com - 23/08/2021, 14:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui, ikan dan jumlah ikan dalam akuarium merupakan hal penting karena dapat memberikan energi positif pada rumah.

Melansir dari Love to Know, Senin (23/8/2021), Anda dapat memelihara ikan, baik dalam kolam di luar rumah maupun akuarium di dalam rumah. 

Baca juga: Simak, Alasan Pentingnya Membersihkan Kotoran di Akuarium Ikan Hias

Menurut feng shui, memelihara ikan diyakini bisa mendatangkan keberuntungan, terlebih ikan mas koki.

Nah, untuk bisa mendapatkan keberuntungan dan energi positif di rumah, berikut panduan memelihara ikan berdasarkana feng shui.  

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memelihara Ikan Koi 

Jumlah ikan 

Sebagian besar praktisi feng shui setuju bahwa angka sembilan adalah angka paling menguntungkan.

Sembilan adalah angka kemakmuran, yang melambangkan kekayaan Anda memiliki rentang hidup yang panjang. Jadi, tidak heran, ikan dalam akuraium harus berjumlah sembilan. 

Baca juga: Kenali, 7 Perilaku Ikan Cupang Sebelum Mati 

Kombinasi sembilan ikan 

Setelah itu, tentukan jenis ikan dalam akuarium dan perlu dikombinasikan. Kombinasi terbaik dari sembilan ikan di akuarium adalah delapan ikan mas atau ikan arwana dan satu ikan mas berwarna hitam (black moor).

Dengan kombinasi delapan ikan merah dan satu ikan hitam, ini melambangkan kemakmuran, energi, dan keberuntungan. Dalam feng shui, delapan adalah angka kemakmuran. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Ikan di Luar Ruangan 

Mengapa harus ikan mas hitam?

Keberadaan ikan mas hitam sangat penting karena dapat menyerap energi negatif yang masuk ke rumah. Karena itu, ikan mas hitam menjadi simbol perlindungan.

Jika ikan hitam mati tanpa sebab yang diketahui, hal ini diyakini ikan mati karena menyerap nasib buruk yang ditakdirkan untuk Anda. Ikan berusaha menghindarkan Anda dari nasib buruk. 

Baca juga: Simak, Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Cupang 

Keluarkan dan ganti ikan mati segera 

Ada banyak praktisi feng shui yang menguburkan ikan mas hitam yang mati tersebut dan mengucapkan doa atau mantra.

Ikan mas hitam lebih sering mati daripada ikan mas warna lainny. Hal ini karena ikan mas hitam memiliki penglihatan yang lebih buruk dan tidak dapat bersaing secara adil untuk mendapatkan makanan. 

Baca juga: Ikan Cupang Kawin Tapi Tidak Bertelur? Ini Penyebabnya 

Buat akuarium yang menguntungkan 

Menurut prinsip feng shui, meletakkan akuarium di rumah atau kantor adalah cara terbaik menarik energi Chi ke dalam ruangan seperti keberuntungan, kelimpahan, dan kemakmuran.

Karena itu, penting untuk membersihkan akuarium, menjaga sirkulasi air beroksigen, menciptakan lingkungan yang menarik untuk ikan, dan memiliki keseimbangan lima elemen feng shui, yakni air, kayu, api, tanah, juga logam. 

Baca juga: Aquaponik, Budidaya Ikan dan Tanaman Hidroponik di Lahan Terbatas 

Paling penting adalah menjaga air akuarium tetap bersih. Sebab, air yang kotor tentu membuat ikan menjadi tidak sehat atau bahagia.

Selain itu, akuarium yang tidak terawat bisa menarik energi negatif (Sha chi) yang dapat berdampak pada semua bidang kehidupan Anda, terutama sektor kekayaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com